Wednesday, 22 October 2014

Perlengkapan Pokok Instalasi Listrik

Perlengkapan Pokok Instalasi Listrik

Hallo pembaca setia blog panduan instalasi, selamat sore menuju senja lalu menuju malam, kali ini kita masih membahas seputaran instalasi dasar listrik, suatu kali tetangga saya Fajar Nurali pernah bertanya kepada saya, apa sih peralatan pokok jika kita hendak melakukan aksi pemasangan instalasi listrik rumahan, awalnya saya juga bingung harus menjelaskan dari mana soal perlengkapan (Tools) yang betul-betul bisa dikatakan sebagai perlengkapan dasar untuk instalasi listrik, karena sesungguhnya banyak sekali perlengkapan yang harus di sediakan maka kali ini saya mencoba memilih, mana sesungguhnya perlengkapan yang di katakan sebagai perlengkapan dasar yang wajib ada jika seseorang hendak memasang instalasi listrik di rumahnya.

Sebelum kita menetapkan apa saja itu perlengkapan pokok instalasi listrik, perlu saya jelaskan perlengkapan yang dimaksud disini adalah perlengkapan untuk suatu bangun ruang rumah penduduk pada umumnya, arti pada umumnya ini adalah rumah biasa yang dihuni oleh kalangan menengah, menengah kebawa, dan kebawa sekali. Hal ini disebabkan angka penduduk kaya dan penduduk miskin di negara kita masih di rating tertinggi oleh masyarakat menengah, menengah kebawah, dan kebawah sekali, sehingga saya asumsikan pemasangan instalasinya tidak terlalu banyak menciptakan titik fiting dan titik stop kontak.

Baiklah karena matahari beranjak beranjak cepat dari senja, kita mulai perkenalkan satu persatu, Perlengkapan pokok instalasi listrik.
1. Tang kombinasi
Alat yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari sangat familiar disebut dengan Tang saja, meski sebenarnya namanya adalah Tang kombinasi, dibawah ini bisa kita lihat penampakan gambar tang kombinasi.
panduan-listrik

Ketika melakukan pemasangan instalasi tang ini sangat membantu ketika akan melakukan penyambungan dua kabel.
2. Tang lancip
Alat yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari dikenal juga dengan nama tang buaya, sebenarnya tang ini juga biasa digunakan pada kegiatan perbengkelan, untuk pembaca yang belum tahu bentuknya bisa disimak penampakan pada gambar dibawah ini.

panduan-listrik

Tang lancip sangat membantu sekali ketika anda memelintir kabel, biasanya ketika menyambung kabel saya menggunakan tang ini sebagai pemutar dan tang kombinasi sebagai penahannya.
3. Tang Potong
Meski untuk memotong kabel bisa saja menggunakan kedua jenis tang diatas, namun saya sangat menganjurkan anda memiliki tang potong ini, apalagi jika anda berprofesi sebagai installer listrik, untuk lebih meyakinkan bagaimana bentuk tang potong berikut gambar penampakannya.

panduan-listrik

Salah satu fungsi lainnya tang potong ini adalah berguna untuk mengupas karet pembungkus kabel, menggunakan alat ini untuk mengupas kabel akan sangat berbeda hasilnya dengan tang kombinasi atau tang lancip.
4. Test-pen
Test-pen berbentuk obeng minus, fungsinya untuk mendeteksi fase listrik yang terdapat pada suatu instalasi listrik, cara menggunakannya cukup mudah, anda tinggal menyentuh besi yang terdapat pada kepala test-pen kemudian ujung test-pen disentuhkan kebagian kabel yang diuji.

panduan-listrik

Perlu diperhatikan bagian ujung test-pen yang tidak dibungkus jangan disentuh bersamaan ketika anda melakukan test fase arus listrik.
5. Meteran
Dalam melakukan pemasangan instalasi meteran berguna untuk mengukur panjang kabel yang dibutuhkan dan mengukur panjang pipa PVC yang digunakan untuk menutupi kabel

panduan-listrik
Manfaat kita mengukur dengan tepat bahan yang dipakai dalam pemasangan instalasi adalah agar bahan yang digunakan tidak terbuang percuma
6. Obeng Plus-minus
Alat ini digunakan untuk memasang sekrup pada saklar atau kotak-kotak kedudukan saklar

panduan-listrik

7. Isolasi
Dalam penyambungan dua kabel diwajibkan kepada pemasang instalasi untuk membungkus kabel dengan isolasi, hal ini berguna untuk melindungi korsleting antar kabel, isolasi yang saya anjurkan adalah isolasi dari bahan karet sehingga tahan lama

panduan-listrik

8. Martil
Membantu anda ketika memasang paku, ketika memasang rolen, dan ketika memasang klem pipa

Perlengkapan Pokok Instalasi Listrik

9. Gergaji besi
Alat ini digunakan untuk memotong pipa yang biasanya digunakan untuk melindungi kabel

Sembilan jenis peralatan diatas saya anggap perlengkapan pokok yang wajib ada jika anda ingin melakukan pemasangan instalasi listrik, sekali lagi saya ingatkan sembilan perlengkapan pokok diatas adalah perlengkapan untuk instalasi listrik di rumah, sedangkan untuk pemasangan instalasi di gedung tentunya anda membutuhkan perlengkapan yang lebih banyak lagi.

Oke pemirsa, eh pembaca, demikian dulu pembahasan kita tentang perlengkapan pokok instalasi listrik, bagi anda yang memiliki pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar.
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.
Perlengkapan Pokok Instalasi Listrik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.