Friday, 24 October 2014

Fungsi Rollen Pada Instalasi Listrik Rumahan

Fungsi Rollen Pada Instalasi Listrik Rumahan

Hallo sobat pengunjung, artikel kali ini masih membahas seputar instalasi dasar listrik, kalau sebelumnya kita membahas tentang pemasangan kabel dan alat-alat pokok yang diperlukan dalam pemasangan instalasi listrik rumahan, maka kali ini kita mencoba membahas fungsi Rollen di tiang kuda-kuda rumah.

Apa itu rollen? Jika kita bertanya sebentuk apa itu rollen maka bisa saya jelaskan, rollen sebentuk benda bulat terkadang menyerupai roda, bentuk rollen bermacam-macam, jika anda pernah melihat rombongan manusia pekerja listrik membawa gulungan kabel besar dalam sebuah roda, maka roda yang menjadi tempat gulungan kabel tersebut dikatakan juga dengan rollen. di bandara anda juga bisa menemukan rollen yakni pada kereta dorong yang digunakan sebagai pengangkut barang, nah roda kereta itu juga disebut rollen.

Rollen pada penggunaan instalasi listrik bentuknya kecil biasanya digunakan di atas tiang rumah, tepatnya pada tiang kuda-kuda, biasanya juga di pasang pada bagian atas tembok rumah, pemasangan rollen tersebut selalu di iringi dengan kabel instalasi, gambar dibawah ini merupakan bentuk sederhana dari rollen yang dipasang untuk instalasi listrik rumahan.
Fungsi Rollen Pada Instalasi Listrik Rumahan

Mengapa kita perlu menggunakan rollen ketika memasang instalasi? nah berikut penjelasannya.

Siswa listrik pada sebuah sekolah menengah kejuruan pernah mengatakan kepada saya, rollen sebenarnya sudah berubah bentuknya, sekarang rollen yang bagus sudah terbuat dari fiber, katanya sih. Namun yang terpenting disini jika kabel di atas tiang rumah tidak dipasang dengan rollen maka resiko kabel anda terkena musibah korslet lebih tinggi.

Lingkungan perumahan merupakan suatu bagian ekosistem alam, oleh sebab itu disekitar rumah kita hidup berbagai jenis hewan liar dan hewan jinak, kedua jenis hewan tersebut sangat berpotensi memicu kerusakan jaringan listrik dirumah anda, sebutlah misalnya kucing (eon..), kucing meskipun termasuk hewan peliharaan tetap juga bukan termasuk hewan yang bisa di beri peringatan, maka dari itu seorang pemilik kucing tidak akan mampu melarang agar kucingnya tidak bermain-main di atas loteng, terlebih jika teman karibnya jerry memanggil untuk bermain kejar-kejaran diatas loteng.

Nah ... dari cerita simulasi diatas tentu anda sudah bisa sedikit memahami untuk apa fungsin rollen. Betul sekali rollen pada pengabelan berfungsi agar kabel diatas tiang tidak putus atau tidak berpindah tempat ketika ada makhluk lain (Eon dan Jerry) bermain-main menghabiskan hari.

Fungsi lain dari rollen dalam instalasi kabel listrik di rumah, adalah untuk terciptanya sebuah keteraturan pengabelan, sehingga jika suatu saat pemilik rumah menambah ruangan maka petugas pemasang kabel listrik bisa memahami dengan mudah dimana dia harus menyambung kabel untuk kebutuhan listrik di ruangan baru tersebut.

Bagaimana cara memasang rollen? nah untuk pertanyaan tersebut akan kita coba bahas di artikel yang lain, cukup sekian dulu penjelasan saya tentang fungsi rollen pada instalasi listrik rumahan, jika sobat pengunjung memiliki pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar, terima kasih sudah berkunjung, semoga hari anda menyenangkan.
Salam ...

panduan-listrik

Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.
Fungsi Rollen Pada Instalasi Listrik Rumahan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.