Cara mudah membuat instalasi listrik rumah, gedung, dan pabrik

Sehebat apapun installer listrik, ketika ia hendak mengerjakan sebuah proyek instalasi listrik maka hal yang pertama yang ia lakukan adalah membuat sebuah rancangan, terkadang membuat sebuah rancangan itu adalah pekerjaan yang teramat sulit, bahkan bisa jadi installer malas melakukannya, namun jika rancangan tidak dipersiapkan, besar kemungkinan instalasi listrik yang dibuat akan terlihat kacau, atau bahkan bisa jadi gagal total.

Instalasi listrik rumah, gedung dan pabrik biasanya sudah tersedia pada rancangan bangunan gambar sebuah bangunan, dengan demikian sebenarnya insraller hanya tinggal membuat instalasi sesuai dengan rancangan gambar bangunan, ketika arsitek bangunan membuat sebuah bangunan biasanya ia sudah mempersiapkan pipa instalasi listrik dalam pengerjaannya, hal ini musti dilakukan si arsitek agar ketika pemasangan instalasi listrik tidak terjadi lagi pembongkaran ketika hendak memasukkan sebuah pipa pada dinding bangunan.

Maka dari itu dalam merancang sebuah instalasi listrik ada yang dikenal dengan istilah, skema dasar, skema garis tunggal dan skema gambar pelaksanaan, untuk membuat skema-skema tersebut sang installer biasanya terlebih dahulu melakukan audiensi dengan si pemilik bangunan, dalam audiensi tersebut si pemilik bangunan akan menjelaskan seperti apa kebutuhan listrik yang ia inginkan untuk bangunannya.

Setelah diperoleh keterangan dari si pemilik bangunan, maka berikutnya installer tinggal membuat skema gambar dasar untuk instalasi bangunan, skema-skema tersebut bisa dijabarkan sebagai berikut;

1. Skema dasar 

Merupakan gambaran umum arus saklar dari arus input listrik sampai arde (pembumian).

2. Skema garis tunggal

Merupakan gambaran detail arus saklar atau stopkontak dan penerangan, pada skema ini nantinya diperoleh dua bentuk rangkaian instalasi, yakni rangkaian seri atau parallel, untuk seluruh bangunan. 

3. Skema gambar pelaksanaan

Merupakan gambaran detail mulai dari arus input, sekring, pengabelan, saklar, stopkontak dan lampu penerangan, kabel positif dan negative, hingga kabel arde (pembumian), untuk seluruh bangunan.

Untuk lebih jelasnya bentuk skema tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.


Cara mudah membuat instalasi listrik rumah, gedung, dan pabrik

Bagi anda yang berprofesi sebagai installer listrik, saya sangat menganjurkan untuk membuat skema rancangan sebelum dilakukan pemasangan instalasi, hal ini sekaligus membuktikan bahwa instalasi yang sedang dikerjakan merupakan sesuatu yang serius, sehingga memperkecil resiko konsletting pada instalasi yang kita lakukan, nilai postitif lainnya adalah hasil kerja kita pada suatu instalasi listrik juga akan terlihat lebih rapi sehingga menambah kepercayaan pelanggan pada anda.

Demikian penjelasan singkat tentang cara mudah membuat instalasi listrik pada bangunan rumah, gedung dan pabrik, jika ada yang ingin anda tanyakan, jangan sungkan silahkan tuliskan pada kolom komentar.

Salam hangat

Mari hemat listrik dari sekarang
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »