Cara Mudah Memasang Kabel Arde Pada Stop Kontak Eksternal

Bermula dari suatu kejadian, seorang kawan bernama Raihan, sedang asik bermain game Stronghold Crusader di computer kesayangannya, di sudut kota Padang, ketika itu hujan petir sedang lebat-lebatnya, pada suasana hujan dingin demikian memang paling nyaman berada dirumah, dan Raihan memilih bermain game kesukaannya tanpa menyadari bahaya sedang mengintainya.

Selang tidak berapa lama kemudian, pada sebuah kilat yang sedang menyambar setelah itu diiringi dengan petir menggelegar, Raihan berteriak histeris sekeras-kerasnya, membuatnya menjadi pusat perhatian seluruh penghuni “Kost celok gardening”, beberapa kawan yang segera memeriksa Raihan di kamarnya menemukan nafasnya sesak tersengal-sengal, baru kemudian diketahui Raihan terpelanting dari kursinya ketika sedang asik bermain game.

Beruntunglah rerata penghuni kost adalah mahasiswa politeknik padang, dengan berbagai latar belakang program studi, Firman salah seorang mahasiswa Politeknik Padang Jurusan Listrik, segera menyadari dan menyatakan bahwa ternyata Raihan terkena arus petir yang mengalir lewat sistematika kelistrikan computer Raihan.

Terkait dengan judul besar blog “Panduan-listrik” Instalasi Listrik Rumahan, jika dihubungkan dengan kisah nyata singkat diatas apa yang bisa kita petik pelajarannya, bahwa ternyata kita perlu sekali memasang kabel arde pada stopkontak eksternal yang biasa dipakai di rumah, karena stopkontak eksternal yang digunakan Raihan untuk menyalakan computer tidak terdapat kabel arde, maka ketika kilat dan petir sedang bersahut-sahutan kemudian tertangkap oleh kabel pembumian listrik rumahan, akibatnya powersuplay computer Raihan hangus total dikarenakan tegangan listrik tidak stabil yang berasal dari petir.

Lalu bagaimana caranya memasang kabel arde pada stopkontak eksternal yang sudah kita beli, tentu saja caranya adalah dengan mengganti kabelnya dan membuat penyambungan ulang dengan kabel yang baru, memang agak sedikit repot namun demi keamanan saya sarankan sebaiknya diganti, pasalnya kerusakan yang ditimbulkannya lebih besar dibanding manfaatnya jika dipaksa memakai stopkontak eksternal yang tidak terdapat kabel ardenya.

Jangan sayang dengan uang, sebaiknya sayanglah terhadap peralatan elektronik yang sudah anda beli mahal-mahal, namun seketika rusak akibat tegangan listrik petir yang tidak bisa dikendalikan, sebagai contoh computer Raihan tadi, bagaimana jika anda menyalakan kulkas atau peralatan elektronik rumah tangga lainnya menggunakan kabel stopkontak ekseterna yang tidak ada kabel ardenya, tentunya kemungkinan rusak akibat arus listrik petir semakin besar.

Untuk anda yang belum paham cara mengganti kabel arde pada stopkontak eksternal berikut ini kami sajikan panduannya, silahkan simak video tutorial berikut ini.


Bagaimana pemirsa, cukup mudah bukan, anda hanya perlu sediakan kabel NYA kalau bisa yang ukurannya agak tebal, seperti contoh pada video diatas, harga kabel juga tidak terlalu mahal kok, disamping itu manfaatnya cukup banyak untuk melindungi peralatan elektronik dirumah anda.

Demikian pemirsa pembahasan singkat kita tentang mudahnya memasang kabel arde pada stopkontak listrik eksternal, selamat mencoba.

Kami sekumpulan orang-orang yang merasa, * Kehidupan ini semestinya berjalan adil dengan sekeliling alam, * Kehidupan ini semestinya cukup tanpa harus saling membunuh. * Kehidupan ini semestinya ramah, seperti ramahnya semilir angin pagi yang membelai kepala.

Do you feel same lake this, join with me ..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »