Monday, 17 October 2016

Cara Memasang Sakelar Eksternal Dengan Benar

Cara Memasang Sakelar Eksternal Dengan Benar

Alat ini biasanya dijual di toko listrik untuk keperluan pemutusan dan penyambungan listrik, diluar instalasi listrik yang telah terpasang, karena itu dinamakan sakelar eksternal, misalkan anda ingin membuat saklar pemutus aliran listrik untuk stop kontak eksternal, karena sangat tidak praktis untuk memasukkan dan mengeluarkan colokan kabel eksternal tiap sebentar.

Maka alat ini dipasang untuk memudahkan kerja tersebut, sehingga ketika sudah terpasang anda tidak perlu lagi repot-repot memasukkan dan mengeluarkan colokan kabel, tinggal pencet tombol ke on maka aliran listrik terhubung, demikian juga sebaliknya.

Contoh salah satu bentuk saklar eksternal
(Contoh salah satu bentuk saklar eksternal)
Contoh yang paling sering ditemui adalah pemasangan sakelar eksternal pada mesin pompa air, di rumah-rumah penduduk yang memiliki sumur sendiri, biasanya untuk menyedot air menggunakan mesin pompa air, karena itu daripada capek tiap sebentar colokin kabel ke stop kontak, akan lebih praktis dipasang sakelar eksternal, sehingga ketika akan menyedot air dengan mesin pompa air tinggal pencet saja tombol on, maka seketika mesin pompa air langsung menyala. 

Persoalan yang paling sering saya temukan ketika seseorang mencoba memasang sakelar eksternal adalah, pemasangan kabel yang salah, karena itu akan kita bahas kali ini bagaimana triknya agar pemasangan sakelar eksternal ini berfungsi dengan baik.

Sebelum pemasangan kabel pada sakelar eksternal sebaiknya dipahami terlebih dahulu arus fase dan netral, karena itu berikut ini kita coba susun tahapan bagaimana cara memasang sakelar eksternal.

1. Periksa arus fase pada kabel sambungan

Mengapa kita harus memeriksa arus fase pada kabel yang akan disambungkan, hal tersebut karena nantinya kabel yang akan difungsikan untuk memutuskan dan menyambungkan adalah kabel yang terdapat arus fase, bukan kabel netral.

a. Periksa kabel arus fase menggunakan tespen

Misalkan anda akan menyambungkan sakelar eksternal ke stop kontak yang terpasang didinding rumah, maka terlebih dahulu periksalah mana kabel fase dengan tespen, untuk lebih mudahnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.

Cara Memasang Sakelar Eksternal Dengan Benar

2. Buat sambungan sakelar eksternal.

3. Posisi kabel yang sudah dipasang sakelar eksternal harus sama dengan kabel arus fase. 
Sehingga saklar eksternal berfungsi sebagaimana mestinya, seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara Memasang Sakelar Eksternal Dengan Benar

Karena prinsip dasarnya adalah kabel yang terpasang pada saklar eksternal harusa sama dengan kabel fase, maka sebaiknya sambungan colokan tidak dibuka untuk alasan apapun, jika colokan kabel sering dibuka, maka dikhawatirkan posisi kabel fase pada saklar eksternal akan tertukar, pada saat pemasangan kembali dengan kabel induk.

Nah demikianlah pemirsa pembahasan singkat kita tentang sakelar eksternal, sampai jumpa dipembahasan listrik lainnya, salam.
Cara Memasang Sakelar Eksternal Dengan Benar
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.