Cara Menterjemahkan Gambar Skema Dasar Listrik

Saya ingat sewaktu sekolah, menterjemahkan gambar skema dasar ini merupakan bagian dari kegiatan pelajaran listrik yang paling saya sukai, pak guru membuat soal dalam bentuk gambar di papan tulis (waktu itu masih menggunakan kapur), kemudian kami (siswa) diminta untuk membuat terjemahannya.

Penterjemahan gambar ini lengkap dengan keterangan catatan, kemudian kami disuruh merubah gambar skema dasar menjadi gambar garis tunggal, bagi siswa yang tidak terlalu paham kebanyakan bingung kemudian nyontek, padahal menterjemahkannya tidak terlalu sulit.

Kemudian setelah merubah gambar skema dasar ke gambar garis tunggal, kami diminta lagi untuk membuat gambar pelaksanaan untuk contoh soal yang sama, nah sahabat instalatir kali ini kita mencoba mengulang kembali pelajaran dasar dari jurusan listrik ini, yakni bagaimana caranya menterjemahkan gambar dari gambar skema dasar ke gambar garis tunggal kemudian dirubah lagi ke gambar pelaksanaan.

Sebelum kita memasuki tahap penterjemahan gambar, ada baiknya kita ulas sedikit tentang apa itu gambar skema dasar.

Gambar skema dasar

Gambar skema dasar adalah gambar yang menceritakan tentang seluruh tingkatan pemasangan instalasi listrik, pada instalasi dasar listrik gambar ini biasanya diperuntukkan untuk pemasangan instalasi listrik sederhana, misalkan pemasangan listrik pada rumah tinggal atau bangunan rumah ibadah.

Gambar garis tunggal

Gambar garis tunggal merupakan yang memperlihatkan alur pemasanga instalasi listrik dimulai dari fase input listrik, pada gambar garis tunggal sudah bisa dilihat bagaimana skema pemasangan instalasi listrik pada suatu bangunan.

Gambar pelaksanaan

Gambar pelaksanaan adalah gambar yang menjelaskan secara detail arus pengawatan, pada suatu instalasi listrik.

Pemahaman tentang tiga jenis skema gambar instalasi listrik diatas, merupakan dasar bagi kita untuk bisa menterjemahkan berbagai contoh soal tentang gambar skema dasar listrik.

Baiklah sekarang kita coba menterjemahkan gambar skema dasar ke gambar garis tunggal, kemudian diterjemahkan lagi ke gambar pelaksanaan, untuk lebih memudahkan kita lengkapi contoh soal menterjemahkan ini dalam bentuk gambar.

1. Gambar skema dasar

skema dasar listrik

Pada contoh gambar skema dasar diatas bisa kita terjemahkan sebagai berikut : 

Dalam suatu instalasi listrik pada suatu bangunan terdapat 1 buah MCB untuk fase input, dua buah sakelar tunggal yang masing-masingnya menghidupkan satu lampu, kemudian ada satu stop kontak yang terpasang terpisah dari kedua sakelar tersebut.

2. Gambar garis tunggal

skema garis tunggal listrik

Gambar diatas merupakan penterjemahan dari gambar skema dasar kepada gambar garis tunggal, dari penterjemahan gambar skema dasar ke gambar garis tunggal diatas bisa kita jelaskan sebagai berikut :

Satu buah MCB untuk fase input, membagi arus listrik untuk satu buah sakelar tunggal yang menghidupkan satu buah lampu, kemudian untuk stop kontak yang terpisah lengkap dengan pengabelan untuk grounding (pembumian), kemudian lagi satu sakelar tunggal yang menghidupkan satu buah lampu.

3. Gambar pelaksanaan

gambar pelaksanaan listrik

Gambar diatas merupakan hasil penterjemahan dari gambar garis tunggal untuk jumlah pemasangan yang sama, kepada gambar pelaksanaan, dari gambar diatas bisa kita terjemahkan sebagai berikut :

Satu buah MCB untuk fase input, membagi jaringan listrik untuk satu buah sakelar tunggal yang menghidupkan satu buah lampu, satu buah stop kontak yang terhubung dengan pembumian (arde atau grounding), dan satu buah sakelar tunggal yang menghidupkan satu buah lampu.

Nah bagi instalatir listrik, apapun bentuk gambar dasar seperti diatas, sudah seharusnya bisa melakukan pemasangan listrik, namun tentunya harus sesuai dengan urutannya, artinya untuk gambar skema dasar harus diterjemahkan dulu ke gambar garis tunggal kemudian ke gambar pelaksanaan, kunci dari menterjemahkan gambar instalasi listrik itu menurut saya adalah memahami dengan baik arti simbol pada instalasi listrik.

Untuk anda yang ingin mempelajari simbol dasar listrik dan simbol listrik pada rancangan bangunan, silahkan baca pada link artikel dibawah ini.



Dari ketiga skema gambar diatas bisa lagi diterjemahkan kepada diagram gambar yang lebih detail lagi, yang dikenal dengan diagram pengawatan, dimana pada diagram pengawatan ini installer listrik akan mengetahui lebih detail lagi tentang pemasangan instalasi listrik, dan perlengkapan listrik apa saja yang dibutuhkan.

Baiklah sahabat installatir, barangkali cukup sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang cara menterjemahkan gambar skema dasar listrik, sampai jumpa pada artikel selanjutnya, salam.

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »