Sunday, 26 March 2017

Membuat Tabel Bahan Instalasi Listrik Sederhana Untuk Mempermudah Pemasangan Listrik

Membuat Tabel Bahan Instalasi Listrik Sederhana Untuk Mempermudah Pemasangan Listrik

Saya ingin berbagi pengalaman sedikit, sewaktu memasang instalasi listrik disebuah rumah baru, karena saya tidak mendapati rancangan instalasi listrik lengkap untuk rumah baru tersebut, hasilnya saya harus bolak balik ke toko listrik membeli alat-alat listrik yang terlupakan.

Padahal seharusnya pada waktu pemasangan instalasi listrik saya seharusnya sudah mendapatkan gambar listrik dari pemborong bangunan, namun tidak demikian kenyataannya, karena itu dari pada saya capek bolak-balik ke toko listrik akhirnya saya cari sendiri solusinya, yakni dengan membuat tabel bahan listrik.

Seperti yang kita ketahui bersama tabel bahan instalasi listrik merupakan salah satu syarat untuk membuat rancangan listrik, sebagaimana yang sudah kita bahas sebelum ini pada artikel “Ketentuan Dalam Membuat Rancangan Instalasi Listrik”, bagi anda yang belum mengetahui ketentuan dalam membuat rancangan listrik silahkan kunjungi artikelnya pada link ini [Ketentuan Dalam Membuat Rancangan Instalasi Listrik].

Prinsip dasar dalam mempersiapkan alat-alat listrik ini bagi saya adalah, efektif, esifisien, dan bermanfaat, itu untuk kasus jika gambar rancangan listrik tidak sampai ditangan anda sebagai instalatir listrik, memang agak sedikit memakan waktu membuat daftar bahan instalasi listrik ini, namun percayalah akan sangat bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan.


Dalam mempersiapkab tabel bahan listrik diperlukan konsentrasi khusus, bagi installer listrik pemula hal ini agak sedikit kesulitan, namun jika sudah terbiasa akan terasa mudah.

Sekedar tips dari saya daftar bahan instalasi listrik harus merangkup semua sisi bangunan, bahan instalasi listrik untuk dinding, bahan instalasi listrik untuk loteng bangunan, jenis lampu penerangannya, jumlah sakelar, stopkontak, kotak kontak dan lain sebagainya.

Artinya semua tabel bahan listrik tersebut sudah mencakup semua kebutuhan listrik pada suatu bangunan, namun ada satu yang biasanya tidak masuk daftar, yakni KWH meter listrik, karena KWH meter listrik biasanya disediakan PLN dan termasuk kedalam biaya pemasangan baru listrik.

Dibawah ini kita sajikan contoh tabel bahan instalasi listrik, tabel seperti ini bisa anda buat sendiri dan sesuaikan dengan kebutuhan instalasi listrik anda.

Tabel Bahan Instalasi Listrik Sederhana
No Bahan Spesifikasi Satuan Jumlah Spare Total
1 PHB 4 A - 500 V Buah 1 - 1
2 MCB Mitsubishi 10 A Buah 2 - 2
3 MCB Mitsubishi 20 A Buah 1 - 1
4 Pipa 5/8 " PVC Batang 10 - 10
5 Kotak sambung
- Cabang 3 5/8 " hitam Buah 20 2 25
- Cabang 4 5/8 " hitam Buah 1 1 2
6 Kabel NYM 3 x 2,5 mm3 Meter 25 3 27,5
7 Sakelar tunggal 6 A, Broco putih Buah 3 - 3
8 Sakelar seri 6 A, Broco putih Buah 2 - 2
9 KKB 200 VA, Broco putih Buah 1 - 1
10 Fiting lampu PJ Hitam Buah 6 - 6
Lampu
- Pijar 60 watt, Philips Buah 4 - 4
- Pijar 40 watt, Philips Buah 10 - 10
- TL 40 watt, Philips Buah 1 - 1
11 Klem kabel No 12 Plastik 5 1 6
12 Isolasi Band Standar rol 5 1 6
13 Sekrup 3/4 " Kotak 1 - 1
14 Kabel ground NYY, 6 mm2 Meter 3 - 3
15 Elektrode Galvanis 0,01 mm Meter 2 - 2
Catatan : 1 batang pipa = 4 meter

Jadi jika kita simpulkan tujuan dari pembuatan tabel bahan instalasi listrik ini adalah, untuk merinci semua bahan yang diperlukan untuk pemasangan, sehingga mempermudah pembelian bahan-bahan tersebut.

Jika daftar bahan instalasi listrik sudah tersedia, maka anda tidak akan bolak balik ke toko listrik, seperti pengalaman saya waktu itu.

Oh ya, yang tidak kalah penting dalam daftar bahan alat listrik ini adalah jumlah panjang kabel yang dibutuhkan, dan jenis kabel yang digunakan, saya sangat menyarankan agar anda menggunakan kabel dengan warna yang berbeda, hal ini sangat membantu dalam melakukan pemasangan instalasi, jadi anda tidak bingung, misalkan kabel merah untuk fase, kabel biru untuk penghantar netral, dan kabel kuning untuk pengaman arde atau grounding atau pembumian.
Membuat Tabel Bahan Instalasi Listrik Sederhana Untuk Mempermudah Pemasangan Listrik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.