Tuesday, 21 March 2017

Tips Pemasangan Lampu Pada Tiap-Tiap Ruangan Pada Instalasi Listrik Bangunan Sederhana

Tips Pemasangan Lampu Pada Tiap-Tiap Ruangan Pada Instalasi Listrik Bangunan Sederhana

Sekedar bisa saja memasang instalasi listrik bangunan sederhana sebenarnya tidak cukup, mengapa demikian? Pasalnya untuk memastikan jumlah daya yang dipakai pada suatu bangunan, maka seorang installer juga harus paham berapa watt lampu yang digunakan pada masing-masing ruangannya.

Misalkan sebuah rumah memiliki daya 400, maka tidak mungkin installer listrik memasang lampu dengan watt yang tinggi, karena hal tersebut bisa membuat saklar MCB berbalik ke posisi off, maka dari itu tips pemasangan lampu berikut ini diharapkan bisa menjadi acuan, agar installer menemukan watt yang sesuai dengan daya listrik suatu ruangan.

Pamasangan lampu kali ini kita anggap untuk sebuah rumah tinggal, untuk jenis bangunan sederhana lainnya, rumah ibadah, dan sekolah tinggal disesuaikan saja.

1. Ruangan duduk atau ruang tamu

Pada ruang tamu biasanya dipasang lampu dengan 150 W dengan saklar kutub satu, atau titik lampu ganda 5 buah lampu 40 W dengan saklar seri jika ruangan tamu besar, untuk memperoleh penerangan langit-langit dan gorden yang lebih menyenangkan, adakalanya armatur lampu diatas kursi tamu ditempatkan agak dekat dengan jendela, sehingga warna gorden turut menyemarakkan penerangan ruangan.

2. Dapur

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik biasanya di dapur dipasang sebuah lampu dengan 75 W atau 100 W, dengan saklar kutub satu, penempatan lampunya harus sedemikian rupa, sehingga meja dapur mendapat penerangan yang baik, untuk mengurangi bayangan biasanya juga dipakai dua buah lampu.

Jika dapur besar diatas kompor bisa ditambahkan sebuah lampu, jika dapur dipakai sekaligus untuk ruang makan, maka sebaiknya ditengah meja makan dipasang juga satu buah lampu.

3. Kamar tidur

Jika kamar tidur besar gunakan lampu 75 W atau 100 W, dengan dua sakelar tukar, saklar tukar ini bisa dipasang satu dekat pintu satu lagi dipasang didekat tempat tidur, kemudian satu saklar tukar lagi digunakan saklar tarik.

Untuk suasana yang lebih menyenangkan sebaiknya lampu tidak ditempatkan berhadapan dengan jendela, tetapi agak kesamping.

Jika lamar tidurnya kecil dapat dipasang sebuah lampu dari 6 W atau 75 W, dengan saklar kutub satu.

Kemudian diatas tempat cuci tangan dipasang sebuah lampu dari 25 W atau 40 W dengan sakelar kutub satu, untuk lampu diatas tempat cuci tangan ini sering digunakan lampu batang atau lampu TL.

4. Gang dan serambi depan

Disini umumnya dipasang sebuah lampu 60 W atau 75 W dengan dua sakelar tukar atau satu sakelar kutub, dipasang didalam ruangan.

5. Kamar kecil atau WC

Disini umumnya dipasang lampu 40 W dengan satu saklar kutub.

6. Serambi di ujung atas tangga

Lampu yang dipasang pada serambi ini harus juga menerangi tangganya dengan baik, biasanya dipakai lampu 60 W atau 75 W, dengan saklar tukar atau sakelar kutub satu.

7. Kamar mandi dan kamar mandi pancuran

Disini bisa dipasang lampu 60 W, yang ditempatkan diatas cermin tempat cuci tangan, dengan saklar kutub satu, saklar ini biasanya dipasang diluar kamar mandi, dan untuk kebutuhan mencukur biasanya dipasang juga kotak kontak dinding.

8. Lampu luar

Biasanya lampu dipasang diatas teras dan didepan pintu masuk, dengan lampu 40 W atau 60 W, dengan saklar kutub satu yang ditempatkan di dalam rumah, jika saklarnya dipasang diluar sakelar tersebut haruslah sakelar kedap air.

Lampu luar yang dipasang di depan pintu masuk ini harus dipasang sedemikian rupa, hingga menerangi nomor rumah dan tamu-tamu dapat melihat dengan jelas.

Untuk pemasangan kotak kontak dinding sebaiknya dipasang dekat sudut ruangan, kotak kontak dinding di kamar tidur dipasang disamping tempat tidur untuk lampu malam atau lampu baca, dan disamping tempat cuci tangan.


Nah pemirsa demikian tips singkat pemasangan bola lampu pada instalasi listrik sederhana untuk satu buah rumah tinggal, sampai jumpa diartikel lainnya, salam.
Tips Pemasangan Lampu Pada Tiap-Tiap Ruangan Pada Instalasi Listrik Bangunan Sederhana
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
19 July 2017 at 04:31

RAHMAD
Artikelnya bagus, lengkap dan mudah difahami
Salam

Reply
avatar
19 July 2017 at 07:35

Terima kasih, semoga bermanfaat, salam kenal.

Reply