Mengatasi Kebingungan Pengabelan Di Dalam T Dos

Memasang instalasi listrik itu memang tidak mudah, banyak tuntutan yang harus dipenuhi, tidak saja peralatan yang lengkap, namun juga konsentrasi keilmuan yang tinggi, karena resiko yang dihadapi adalah konsleting listrik, dan yang terburuk adalah ledakan listrik yang bisa membahayakan keselamatan kerja.

Beberapa waktu belakangan ini, pernah seorang siswa listrik yang curhat tentang pengabelan di dalam T Dos, dia seringkali bingung kabel mana yang arus fase dan mana yang kabel netral kemudian mana lagi yang kabel arde.

Sebagaimana yang kita ketahui, T Dos merupakan perlengkapan pemasangan listrik yang fungsinya tempat terjadinya penyambungan kabel, dengan adanya T Dos ini pemandangan instalasi listrik lebih rapi dan terhormat, dan biasanya pemasangannya dilakukan di atas tiang loteng.

Bagi installer listrik yang kurang konsentrasi memang agak membingungkan, ketika melakukan penyambungan didalam T Dos, namun lupa mana kabel yang akan disambung, karena itu tidak ada alasan untuk tidak konsentrasi dalam pemasangan listrik.

Selain kasus kurangnya konsentrasi ini, hal lain yang biasanya membuat installer listrik bingung, adalah ketika melakukan penambahan instalasi listrik, hal ini lumrah terjadi, karena pemasangan awal instalasi listrik dilakukan oleh orang lain, dan akan bertambah rumit ketika pemasangan awal instalasi semua kabelnya satu warna.

Maka dari itu membedakan warna kabel dalam instalasi listrik ini merupakan hal yang sangat dianjurkan, selain memudahkan orang lain ketika melakukan penambahan instalasi, juga memudahkan ketika mencari sumber konsleting listrik.

Mengingat kebingungan dalam pengabelan T Dos ini merupakan sesuatu yang serius, kami coba memberikan tips, agar installer tidak bingung manakala melakukan penambahan sambungan listrik, dibawah ini bisa anda simak bagaimana caranya.

1. Untuk kasus pengabelan yang sudah terjadi dengan satu warna saja, maka mau tidak mau terpaksa dilakukan pengurutan ulang, mulai dari KWH meter, sampai ke titik T Dos yang akan dilakukan penambahan instalasi.

Dalam melakukan pengurutan ulang, tandailah masing-masing kabel tersebut dengan label atau dengan ikatan benang dengan warna tertentu, sehingga ketika dilakukan penyambungan kabel, installer lsitrik akan lebih yakin dengan sambungan kabelnya.

2. Gunakan tespen untuk mendeteksi kabel arus fase di dalam T Dos, setelah itu tandai kabel arus fase dengan label atau dengan isolasi dengan warna tertentu.

Sekedar mengingatkan di dalam T Dos, bisa saja terdapat satu jenis kabel yakni kabel arus fase saja, hal ini bisa kita lihat dengan cara memperhatikan instalasi dibelakangnya, apabila sebelum T Dos terdapat stop kontak, berarti pengabelan di dalan T Dos terdiri dari tiga jenis kabel, yakni kabel fase, netral, dan kabel arde.

3. Untuk pengecekan pengabelan di dalam T Dos, sebaiknya gunakan sarung tangan kemudian gunakan 2 tang (bisa menggunakan tang buaya dan tang jepit), ketika melakukan pemisahan atau penyambungan kabel, hal ini dilakukan agar kita tidak terkena konsleting listrik, atau untuk lebih amannya bisa juga dengan mematikan arus listrik sementara.

Untuk melakukan penyambungan kabel fase tanpa mematikan arus listrik bisa disimak melalui link artikel kami dibawah ini.

[Bagaimana cara menyambung kabel tanpa mematikan arus listrik]

4. Beri tanda kabel yang akn disambung dengan mengikatnyatk dengan benang, atau dengan selotip.

Ketika melakukan penyambungan di dalam T Dos, sebaiknya lakukan penyambungan dengan model penyambungan ekor babi, hal ini berguna untuk menghemat ruang di dalam T Dos ketika dilakukan penutupan katup T Dos.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut cara-cara penyambungan pada kabel listrik silahkan kunjungi artikel kami melalui link dibawah ini.

[Cara penyambungan kabel]
Mengatasi Kebingungan Pengabelan Di Dalam T Dos
(Ilustrasi ; T Dos/ foto bukalapak.com)
Nah sahabat installer, ketika penyambungan di dalam T Dos dilakukan dengan penuh konsentrasi, maka akan semakin memperkecil human error dalam pemasangan instalasi listrik.

Demikianlah tips singkat dari kami tentang mengatasi kebingungan ketika melakukan pengabelan di dalam T Dos, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya, selamat mencoba, Salam.
DMCA.com Protection Status

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »