Kerusakan Tersembunyi Pada Saklar Lampu

Hidup dalam peradaban listrik yang terang benderang ini memang tidak selalu mulus dan indah, tetap saja ada masalah terutama masalah listriknya, kalau istilah saya sendiri “Hidup tidak semudah memencet tombol saklar”, meski agak paradoks dengan tombol saklar itu sendiri.

Namun dibalik semua itu hidup di zaman listrik ini memang terasa sangat indah, jika saya ingin menyalakan peralatan tertentu saya tinggal pencet tombolnya, misalnya lampu listrik itu sendiri, dengan memencet tombol lampu menyala, hal ini tentu lebih mudah dibanding mereka yang memilih hidup tidak menggunakan lampu listrik, jika ingin terang terlebih dahulu harus bakar sumbu, dan kalau perlu harus pula pakai minyak agar lampunya menyala.

Kali ini kita akan membahas kemudahan hidup seperti tombol saklar ini, karena bagaimanapun juga kita harus tetap waspada, setiap produk ciptaan manusia tidak ada yang kekal dan abadi, termasuk saklar lampu itu sendiri.

Diberbagai perkampungan yang saya datangi permasalahan tersembunyi dari saklar lampu ini selalu saya temukan, dan yang paling menakjubkan, kebanyakan pengguna listrik mencari sesuatu yang disalahkan jika saklar lampu ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan yang paling banyak dan paling sering menjadi terdakwa tanpa melalui proses pengadilan adalah bohlam lampunya.

Anda sendiri tentu pernah mengalami, semisal lampu dirumah tetangga atau dirumah sendiri tidak menyala, lalu orang tua menyuruh anda untuk mengganti bohlam lampu, padahal bohlam lampunya tidak rusak sama sekali, alias baik-baik saja.

Ketika terjadi satu kerusakan listrik mengharuskan pemakai listrik memeriksa secara menyeluruh arus pengabelannya, tujuannya untuk memastikan dititik mana timbul kerusakan dan masalahnya, bagi anda yang ingin mengetahui tips memeriksa arus pengabelan ini silahkan baca artikel bermanfaat kami pada link dibawah ini.


Dengan memeriksa arus pengabelan ini langkah perbaikan terasa lebih mudah, padahal tidak selalu demikian, dan pada kenyataannya kerusakan hanya terjadi pada saklar lampu saja.

Untuk itu kita harus pahami dengan baik, saklar lampu sesungguhnya produk atau peralatan listrik yang tidak akan luput dari kerusakan, karena itu menjadi rahasia tersembunyi ketika kita berhasil mengetahui kerusakan saklar lampu ini.

Pada kebanyakan kasus saklar lampu, jika sudah rusak atau tidak berfungsi lagi maka pengguna listriknya akan mengganti dengan yang baru, padahal belum tentu rusak parah, karena itu untuk memperbaikinya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian memeriksa kerusakan saklar lampu.

Saklar lampu pada umumnya memiliki prinsip kerja fisika sederhana, yakni adanya alat yang berfungsi menahan sesuatu, maka dari itu didalam saklar lampu terdapat pegas kecil dan tuas penahan, kerusakan tersembunyi pada saklar lampu biasanya terletak pada bagian ini.

Sifat saklar yang senantiasa dipasang di dinding, membuatnya rentang mengalami korosi, entah itu karena kerusakan dinding bangunan atau karena factor gangguan, seperti cicak atau semut yang turut menumpang hidup didalam kotak saklarnya.

Maka dari itu untuk menghemat pengeluaran, jika anda mengalami kerusakan saklar lampu, boleh sebaiknya periksa sendiri bagian mana yang rusak, ketika saya menghadapi persoalan listrik rumah tangga seperti ini, biasanya saja akan bongkar tombol saklar, dan mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi masalah.

Kerusakan saklar lampu tersembunyi paling sering saya dapati karena adanya factor gangguan, seperti pegas kecil saklar yang sudah aus, sehingga tidak bagus lagi fungsinya, ketika saya menemukan hal ini yang menjadi masalah, biasanya saya akan ganti pegas penyangganya dengan yang baru, penggantinya bisa diambil dari pegas ballpoint yang sudah usang.

Kerusakan tersembunyi lainnya yang paling sering ditemukan pada saklar listrik adalah, karena adanya gangguan hewan lain, seperti adanya semut yang membuat sarang didalam kotak listrik, sehingga ketika tombol saklar dipencet dia akan macet, dalam kasus seperti ini biasanya saya akan bongkar tombol saklarnya, setelah itu membersihkannya dari semut atau serangga lain yang menumpang hidup didalamnya dengan kuas, setelah bersih pasang kembali saklar kalau anda bisa memasang kembali dengan baik maka saklar bisa digunakan kembali.



Dalam kebanyakan kasus listrik yang saya temui, kebanyakan penggunanya akan mengganti dengan saklar baru, nah jika anda sering mengalami masalah saklar lampu seperti ini, tidak ada salahnya mencoba memperbaiki sendiri, hitung-hitung menghemat pengeluaran membeli saklar baru, selamat mencoba, salam.
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »