Thursday, 12 July 2018

Blender Macet Begini Cara Memperbaikinya

Blender Macet Begini Cara Memperbaikinya

Pagi hari sekitar pukul 6 ketika saat piala dunia sedang berlangsung di Rusia, istri saya terlihat sibuk pencet pencet tombol blender kesayangannya yang tidak sudi berputar lagi, kegiatan pencet-pencet tombol itu saya perhatikan sekitar setengah jam, pada akhirnya dia menyerah dan meminta saya memperbaiki blender kesayangannya. 

Blender sebagaimana cara kerjanya adalah berputar, ada saat-saat tertentu blender ini malas berputar disebabkan berbagai pasal, bisa jadi karena ada bagian dari blender yang tidak berfungsi lagi, atau karena pemakaian blender yang sudah sangat lama sekali, sehingga banyak bagian dalam isi mesin blender yang sudah aus. 

Mengapa blender ini menjadi benda kesayangan ibu-ibu ? 

Selain dia berputar, blender ini diciptakan oleh pembuatnya untuk tujuan dagang kemudian mempermudah pekerjaan rumah tangga, alangkah banyaknya pekerjaan ibu rumah tangga yang pada mulanya harus menggunakan batu cobekan, sekarang beralih ke blender, menggiling cabe umpamanya, pada mulanya kegiatan cabe ini menggunakan batu cobekan, sekarang sudah bisa digantikan dengan blender. 

Kemudian membuat jus buah, juga sangat mudah dilakukan dengan mesin blender ini, dengan adanya blender sekarang mama-mama rumah tangga bisa menyediakan segelas jus segar untuk keluarganya setiap hari, seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah ini. 
Blender Macet Begini Cara Memperbaikinya

Kerusakan yang biasa terjadi pada blender 

Dalam penggunaan sehari-hari blender bisa berfungsi ketika dia dialiri listrik (untuk blender listrik) kecuali blender yang menggunakan Tenaga diesel, blender bisa menyala karena adanya motor penggerak didalamnya, serta perangkat lain yang mendukung pekerjaan blender itu sendiri. 

Pada umumnya seperti yang saya intip dari pembicaraan para mama-mama ketika pada ngumpul, kerusakan blender yang umum dikeluhkan mereka adalah karena blender tidak lagi bisa berputar, artinya motor penggerak blender mengalami masalah serius. 

Pada kasus yang saya alami di rumah, begini tahapan yang saya lakukan pada saat memeriksa blender yang sudah rusak. 

a. Persiapan bahan dan alat 

1. Obeng tespen 

2. Kuas kecil 

3. Tang buaya 

4. Obeng kembang/bunga 

b. Membongkar mesin blender 

1. Satu persatu baut yang mengunci blender dibuka menggunakan obeng 

2. Membersihkan bagian dalam blender dengan kuas kecil 

3. Memasang colokan blender ke kabel listrik, kemudian memeriksa arus listrik yang mengalir menggunakan obeng tespen, apakah semua arus yang mengalir sesuai dengan jalan arus yang terdapat dalam pengabelannya. 

Masalah yang saya temukan pada pemeriksaan blender yang tidak bisa berputar 

Adalah karena ada bagian dari saklar yang terdapat dalam blender yang tidak berfungsi lagi, alat ini biasanya terdapat pada bagian terpisah dari dalam blender, dibawah ini anda bisa lihat gambar alat yang biasanya sering rusak pada blender. 
Blender Macet Begini Cara Memperbaikinya

Begini cara memperbaiki alat blender yang sudah rusak 

Karena peralatan yang sangat sederhana, maka dibawah ini anda bisa perhatikan alat yang saya gunakan untuk memperbaiki blender yang rusak. 
Blender Macet Begini Cara Memperbaikinya

Setelah semua tahapan diatas selesai dilakukan, kemudian pasang kembali blender seperti semula, jika sudah selesai dipasang silahkan dicoba kembali, jika anda memasang dengan baik maka blender akan kembali normal berputar seperti sedia kala. Selamat mencoba.
Blender Macet Begini Cara Memperbaikinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.