Sunday, 19 May 2019

Bolehkah Memasang KWH Meter Untuk Masing-Masing Kamar Rumah Kost ?

Bolehkah Memasang KWH Meter Untuk Masing-Masing Kamar Rumah Kost ?

Sekitar tahun 2017 lalu mbak Ratna Pandawa pernah bertanya tentang KWH meter untuk rumah kost ini, pertanyaannya seperti judul pembahasan kita kali ini, kami mohon maaf sebelumnya, karena kesibukan yang tidak menentu baru kali ini kami punya kesempatan membahas pertanyaan tersebut, “Maaf ya mbak”. 
Bolehkah Memasang KWH Meter Untuk Masing-Masing Kamar Rumah Kost
(Ilustrasi, Foto : usahainvestasi.com)
Hidup sebagai perantau memang tidak luput dari yang namanya kostan atau kontrakan, sebagaimana kita ketahui dalam perkumpulan kost terdiri dari berbagai macam sifat manusia penghuninya, semakin banyak penghuninya maka semakin beragamlah tingkah lakunya, keragaman tingkah laku itu juga turut mempengaruhi keberhasilan hubungan antara sesama penghuni kost. 

Saya masih ingat zaman ketika saya sekolah dan tinggal ngekost, tapi zaman itu kami tidak terlalu mikirkan soal listriknya, karena uang kost dibayar perbulan, kalau tak salah waktu itu seratus ribu perbulan, dan listriknya mau pakai berapapun tidak ada masalah. 

Tapi itu dulu, sekarang ternyata tuntutan zamannya lain lagi, semakin popular kamar kontarakan itu semakin beragam persoalan yang timbul, sebagaimana yang pernah saya saksikan sendiri di kota Bogor, setiap kamar kost terpasang satu KWH meter, usut punya usut ternyata pemilik kostnya pernah kerepotan membayar tagihan listrik perbulan saking banyaknya penghuni kost. 

Seperti kata salah seorang ibu kost yang pernah saya tanya, mengapa harus perkamar dipasang KWH meternya, jawab ibu kost kalem gini, “ Anak kost zaman sekarang kalau ngekost itu udah kaya pindah rumah aja, semua dibawa lemari es, TV, freezer, kipas angin, pasang AC, dan banyak lagi yang lainnya, dari pada saya pusing dengan tagihan listriknya mending mereka sendiri yang bayar listriknya”. 

Contoh kasus yang kami temukan di Kota Bogor itu senada dengan pertanyaan mbak Ratna beberapa tahun lalu, maka dari itu apakah boleh memasang KWH meter untuk setiap kamar kost? Jawabannya boleh, tapi tentu saja dengan ketentuan sebagai berikut: 

1. Pelanggan yang mengajukan permohonan pemasangan listrik baru itu harus memiliki kedudukan yang tetap, artinya dia adalah penduduk setempat, dengan kata lain kalo yang mengajukan pemasangan adalah anak kost yang notabenenya bukanlah penduduk local tetap, tentu saja hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi PLN, karena masalah listrik ini tidak hanya sekedar memasang saja, namun juga soal pertanggung jawabannya, terutama dalam pembayaran beban biaya perbulannya. 
Maka dari itu yang mengajukan pemasangan KWH meter untuk setiap kamar kost, sebaiknya adalah orang yang punya atau pemilik kontrakan kost tersebut. 
2. Penanggung jawab penuh KWH meter setiap kamar kontrakan bagi PLN adalah pemilik kontrakan, maka dari itu ketika kamar kontrakan tidak dihuni alias kosong, maka pemilik kontrakan tetap akan membayar tagihan beban perbulannya. 
3. Bagi pengguna atau penyewa kamar kost sebaiknya bijaksana menggunakan listrik, dan menjaganya dari segala kemungkinan yang bisa berakibat membahayakan seluruh penghuni kontrakan, terutama menjaganya dari kebakaran. 

Sahabat pembaca demikianlah pembahasan kita tentang boleh atau tidaknya memasang KWH meter untuk setiap kamar kost atau kontrakan, pesan kami bijaksanalah menggunakan listrik agar beban biaya perbulannya tidak terlalu mahal, sampai jumpa di artikel berikunya, salam.
Bolehkah Memasang KWH Meter Untuk Masing-Masing Kamar Rumah Kost ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.