Saturday, 18 May 2019

Memasang Grounding Untuk Instalasi Listrik Rumah Bertingkat

Memasang Grounding Untuk Instalasi Listrik Rumah Bertingkat

Hallo sahabat pembaca, kali ini kita jumpa lagi dalam suasana bulan puasa ramadhan 1440 Hijriyah, kalo sedang puasa begini memang butuh energy ekstra untuk memasang instalasi listrik, apalagi jika yang dipasang itu rumah atau bangunan bertingkat, namun demikian anda harus tetap semangat menjalankan ibadah puasa bagi yang melaksanakannya. 

Baiklah sahabat pembaca, pembahasan kita kali ini berhubungan dengan grounding atau arde listrik, sengaja kami mengangkat tema ini berdasarkan pertanyaan yang diajukan sahabat pelanggan beberapa waktu lalu, yakni : Bagaimana caranya memasang arde atau pembumian listrik pada bangunan bertingkat? 

Bagi anda yang memiliki pertanyaan yang sama dengan diatas berarti sekarang anda berada dihalaman yang tepat, kita akan bahas tentang arde listrik pada bangunan bertingkat, silahkan simak liputannya. 

Sebelum kita bahas lebih lanjut anda bisa simak cara pemasangan kabel arde pada stop kontak didalam video singkat dibawah ini. 


Pada setiap instalasi listrik bangunan, seharusnya installer memasang kabel arde pada setiap stop kontak yang ditempel didinding, namun terkadang hal ini tidak dilakukan dengan alasan terlalu banyak pemborosan kabel, maka dari itu terkadang kita temukan pada instalasi listrik bangunan juga tidak terpasang kabel arde. 

Kabel arde sebagaimana fungsinya, pada instalasi listrik bangunan akan selalu terpasang bersamaan dengan stop kontak yang ditanam di dinding bangunan, jadi bagai manapun bentuk bangunannya, entah itu bangunan rumah tinggal biasa atau bangunan gedung bertingkat, selagi terdapat stop kontak yang tertanam di dinding wajib disertai dengan kabel arde. 

Jadi pemahaman dasar tentang kabel arde ini dalam instalasi listrik bangunan, bahwasanya dia harus selalu terpasang bersamaan dengan kedudukan stop kontak. 

Dengan demikian pemasangan kabel arde untuk rumah bertingkat tidak ada keistimewaan khusus, kabel arde tetap harus terpasang mengikuti aturan pengabelan pada instalasi listrik pada umumnya, yakni pada setiap stop kontak yang ditanam didinding harus dipasang pula kabel arde. 

Lalu apa sebenarnya yang membuat grounding atau kawat pembumian pada rumah bertingkat ini istimewa? Yang membuat dia istimewa karena pengabelan pada rumah atau bangunan bertingkat terlihat rumit, sehingga terkadang pemilik bangunan juga bingung bagaimana kabel groundingnya. 

Maka dari itu pemirsa dimanapun anda berada, kabel arde pada instalasi bangunan bertingkat tetap mengikuti kaidah pemasangan kawat arde pada umumnya, sebagaimana kita bisa simak ilustrasi gambar dibawah ini. 

Gambar skema pemasangan grounding diluar bangunan
(Gambar skema pemasangan grounding diluar bangunan)
Sedangkan untuk pemasangan kawat arde pada besi yang akan ditancapkan kedalam bumi, juga mengikuti kaidah pembumian pada instalasi listrik umumnya, sebagaimana bisa kita simak pada gambar skema ilustrasi pemasangan kawat arde dibawah ini. 

Gambar pemasangan kawat arde pada besi
(Gambar pemasangan kawat arde pada besi)
Jadi pemirsa anda tidak usah bingung lagi bagaimana cara pemasangan grounding untuk instalasi listrik bangunan bertingkat, jawabannya mudah, asalkan semua kabel arde terpasang dengan baik pada instalasi listriknya, maka sambungan kabel arde ke kawat arde dalam pembumian bisa menggunakan satu buah pipa besi untuk setiap lantai bangunan.
Anda tidak perlu repot-repot membuatkan pipa besi sebagai grounding untuk setiap instalasi lantai bangunan, cukup satu saja, untuk sahabat pelanggan kami yang kebetulan membaca artikel ini, semoga anda tidak bingung lagi soal pemasangan grounding untuk setiap lantai bangunan bertingkat. 

Sekian dulu pembahasan dari kami, sampai jumpa pada artikel berikutnya, salam.
Memasang Grounding Untuk Instalasi Listrik Rumah Bertingkat
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.