Saturday, 1 June 2019

Apakah Kabel Netral Pada Listrik Memiliki Arus ?

Apakah Kabel Netral Pada Listrik Memiliki Arus ?

Hallo sahabat pembaca, ternyata setelah ditelusuri lebih dalam, begitu banyak persoalan listrik yang belum dipahami dengan baik bagi sebagian orang, bahkan untuk pertanyaan yang paling mendasarpun masih banyak yang belum paham, oke baiklah jumpa lagi kita dalam artikel selanjutnya dimana sebelum ini kita telah membahas tentang “Cara memasang grounding listrik pada bangunan sekolah”, untuk anda yang ingin mengetahui masalah grounding di sekolah silahkan baca pada tautan tersebut. 

Saya baru kembali dari forum komunitas kelistrikan tadi malam, sambil membawa pertanyaan yang paling dasar seperti judul artikel kita kali ini, yakni mengenai kabel netral pada instalasi listrik bangunan, pertanyaan diatas diajukan oleh seorang yang seolahnya paham mengenai instalasi listrik, namun ketika diberi penjelasan oleh petugas instalasi ia tetap tidak mau menerimanya. 

Maka demikian cobalah kita bahas kali ini, mana tau yang bersangkutan bisa paham dengan penjelasan sederhana yang terdapat pada blog ini. 

Setiap pelajaran listrik di jenjang sekolah manapun, jika kita tanyakan apakah kabel netral memiliki arus listrik? Maka jawabannya adalah tidak! Mengapa demikian karena dalam dunia kelistrikan positif dan negative itu selalu berpasangan, dan sifatnya juga berlawanan, yang kabel fase/phasa/kabel (- ) sebagai pembawa arus bolak balik, dan kabel yang netral/kabel (+) sebagai pengamannya/pentanahan. 

Apakah dengan ketentuan demikian berarti kabel netral tidak terdapat arus listrik? Seharusnya iya! Namun pada kasus dilapangan tetap saja pernah kita temukan kabel netral yang ternyata juga memiliki arus listrik, hal itu disebabkan karena adanya kesalahan dalam pengabelan instalasi listrik, dengan kata lain kabel netral juga terhubung dengan kabel fase. 

Pada rangkaian pengabelan yang tidak benar, kesalahan penyambungan ini hanya akan diketahui ketika seluruh instalasi sudah dilakukan, kemudian listrik dinyalakan dan setelah di cek dengan tespen ternyata pada stop kontak kedua lubangnya sama-sama terdapat arus listrik. 

Jika instalasi listrik seperti diatas dibiarkan maka ketika terjadi pemakaian listrik yang cukup tinggi, maka MCB akan tetap turun (trip), hal itu disebabkan MCB tidak sanggup memberikan daya yang melebihi kapasitas hantarannya, selain itu bahaya listrik berikutnya juga sangat berpotensi untuk terjadi yakni korsleting arus pendek. 

Jadi untuk penanya yang bertanya di komunitas listrik tempo hari, tidak ada gunanya mengukur kekuatan phasa kabel (-) dan (+), atau menguji satu persatu beban yang terdapat pada Box distribusi, hal itu tidak akan menyelesaikan permasalahan MCB yang trip ketika pemakaian beban 33 A, meski daya listrik yang terpasang 11000 VA dan MCB yang terpasang 50 A. 

Ketika petugas PLN mengatakan kesalahan MCB trip bisa berasal dari kesalahan instalasi pengabelan, pada kasus trip MCB karena arus listrik juga terdapat pada kabel netral, maka tidak ada jalan lain selain kita harus mengurai kembali dimana titik terjadinya kesalahan itu. 

Apakah Kabel Netral Pada Listrik Memiliki Arus ?
(Ilustrasi)
Namun mencari kesalahan pengabelan seperti kabel netral yang memiliki arus listrik, menjadi tidak mudah manakala instalasi listrik itu terdapat pada gedung bertingkat, atau pada bangunan rumah sakit, atau pada bangunan toko swalayan. 

Maka dari itu khusus untuk pembahasan cara mencari titik kesalahan pengabelan listrik ini, atau cara mengetahui dimana kesalahan pengabelan instalasi kabel netral, telah kita bahas pada artikel khusus, untuk saat ini cukuplah kita jawab dulu pertanyaan sahabat listrik yang bertanya tempo hari, tentang MCB yang turun atau trip karena kabel netral juga memiliki arus listrik. 

Bagi sahabat yang ingin mengetahui cara mencari titik kesalahan pengabelan kabel netral ini, silahkan baca pada tautan dibawah ini. 

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat untuk kehidupan dunia, sampai jumpa pada artikel berikutnya, salam.
Apakah Kabel Netral Pada Listrik Memiliki Arus ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.