Saturday, 1 June 2019

Cara Mengetahui Titik Kesalahan Instalasi Kabel Netral Pada Instalasi Listrik Bangunan

Cara Mengetahui Titik Kesalahan Instalasi Kabel Netral Pada Instalasi Listrik Bangunan

Selama bulan puasa ini (1441 hijriah) saya menemukan satu pertanyaan soal listrik yang beruntun, awal mulanya sahabat itu bertanya tentang MCB yang trip atau turun katika pemakaian listrik di kantornya maksimal, pengertian maksimal disini dimana semua peralatan listrik yang ada dikantornya menyala, seperti mesin foto copy, AC kantor, freezer dan lain sebagainya, setelah dia periksa ternyata kabel netralnya terdapat arus listrik. 

Untuk pertanyaan mengenai MCB yang trip karena kabel netral yang memiliki arus ini, bisa anda temukan pada tautan artikel dibawah ini. 

“Apakah Kabel Netral Pada Listrik Memiliki Arus ?” 

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan bahas cara mengetahui sumber kesalahan pengabelan pada instalasi listrik bangunan, namun sebelumnya penting untuk saya ingatkan, identifikasi awal kesalahan instalasi kabel netral ini ditandai dengan terdapatnya arus pada kedua lobang stop kontak yang tertanam atau terpasang pada dinding bangunan, ketika dilakukan pengecekan menggunakan obeng tespen. 

Kasus kesalahan pengabelan kabel netral ini dilapangan beragam bentuknya, dan bisa kita kumpulkan pada beberapa point dibawah ini. 

a. Kesalahan pengabelan netral yang tidak disadari sama sekali, sehingga diketahuinya hanya ketika listrik dinyalakan. 

Biasanya kasus seperti ini hanya disadari ketika pemilik bangunan menempati rumahnya, dan terjadi MCB trip atau turun. 

b. Kesalahan pengabelan netral ketika pemasangan instalasi listrik sudah 80 %. 

Untuk kasus yang seperti ini installer listrik harus mengulang kembali pekerjaannya. 

c. Kesalahan pengabelan netral karena seluruh instalasi listrik menggunakan warna kabel yang sama. 

Kasus seperti ini biasanya sering terjadi di kampung-kampung, pasalnya orang kampung tidak terlalu paham pentingnya membedakan warna kabel untuk instalasi listrik, sehingga pada saat instalasi listrik akan dilakukan si pemilik bangunan hanya membeli kabel satu warna saja, kemudian installer listrik lama lama kebingungan menyambungkan kabelnya, lalu setelah selesai akhirnya semuanya kacau. 

Mencari titik kesalahan pengabelan instalasi kabel netral kali ini akan saya jelaskan berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan. 

Pada suatu hari saya tidak ingat lagi kapan, salah seorang pegawai di kantor dinas sosial Tenaga kerja, mengeluhkan listrik dirumahnya sering putus sekring (Istilah di kampung/kabupaten) atau MCB trip, kemudian saya datang kerumahnya dan melakukan pemeriksaan dasar, yakni memastikan semua stop kontak yang tertanam didinding memiliki arus listrik atau fase. 

Setiap saya menerima keluhan listrik dari tetangga atau teman di lingkungan rumah, saya selalu melakukan prosedur awal demikian, yakni mengecek ketersediaan arus pada setiap stop kontak yang terpasang di dinding, mengapa demikian ? karena saya menganggap setiap stop kontak yang terpasang di dinding bangunan merupakan satuan kelompok antara stop kontak dan sakelar. 

Jadi misalkan dalam satu rumah ada 4 kamar dan masing-masing kamar terdapat satu stop kontak dan satu saklar, maka saya membaginya menjadi 4 kelompok, untuk kasus lampu yang tidak bisa menyala pada kamar 1, maka saya menganggapnya ada masalah untuk instalasi listrik kelompok kamar 1, kemudian di cek, apabila stop kontak normal dan bolham juga bagus, itu artinya ada masalah pada saklar. 

Nah pada kasus kesalahan pengabelan kabel netral ini, ketika saya menganggap setiap kamar merupakan satu kelompok, saya harus pastikan pada setiap kamar stop kontak yang terpasang juga terpadat arus yang normal ada fase dan netral, namun jika pada kedua lobang stop kontaknya sama-sama terdapat arus listrik atau sama-sama fase, itu berarti ada kesalahan pengabelan kabel netral pada kelompok kamar tersebut, jika hanya pada kamar itu saja terdapat kesalahan sedangkan di kamar yang lain normal, maka kelompok instalasi listrik pada kamar tersebut harus dilakukan perbaikan dengan mengurutkan kembali instalasi kabelnya, dan membetulkan kembali sambungan kabel netral yang salah. 

Cara diatas merupakan cara pertama bagi saya mengetahui kesalahan pengabelan kabel netral secara manual menggunakan obeng tespen. 

Cara manual kedua untuk mengetahui kesalahan pengabelan kabel netral ini, adalah dengan memeriksa seluruh stop kontak dengan obeng tespen, cara ini persis seperti yang saya lakukan di rumah pegawai dinas sosial diatas, ketika saya periksa dan pada semua stop kontak yang terpasang semuanya terdapat arus fase, artinya semua instalasi listrik dirumah itu terjadi kesalahan pengabelan kabel netral. 

Maka langkah berikutnya saya memeriksa pengabelan yang terdapat pada KWH meter, hasilnya pada waktu itu saya temukan kabel netral yang berasal dari tiang utama PLN (TR) normal, jadi listrik yang masuk dari PLN ke KWH meter normal, maka saya simpulkan kesalahan total terdapat pada pemasangan instalasi listriknya. 

Ketika saya cek lagi menggunakan tespen kabel netral input dari KWH meter ke instalasi listrik rumah, sampai pada distribusi listrik sambungan MCB kedua normal, dari MCB kedua ini baru saya temukan kesalahan pengabelan kabel netral, dimana kabel netral tersambung bersama arus fase dalam kotak T-Dos, untuk lebih memudahkan penjelasan saya ini anda bisa simak pada gambar simulasi dibawah ini. 

Cara Mengetahui Titik Kesalahan Instalasi Kabel Netral Pada Instalasi Listrik Bangunan
(Gambar simulasi : contoh kesalahan pengabelan kabel netral)

Pada akhirnya saya terpaksa memutuskan sambungan kabel netral yang salah tersebut, dan menyambungkan kembali bersama kabel netral yang seharusnya. 

Sahabat pembaca yang saya hormati, ketika anda mengalami kasus kesalahan pengabelan kabel netral ini, maka saran saya segera lakukan perbaikan instalasi listriknya, sebelum terjadi bahaya listrik berikutnya. 

Demikian cara saya mengetahui sumber kesalahan pada pengabelan instalasi listrik, khususnya instalasi kabel netral, semoga artikel ini membantu anda, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, salam. 
Cara Mengetahui Titik Kesalahan Instalasi Kabel Netral Pada Instalasi Listrik Bangunan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.