Tips Sederhana Memeriksa Arus Pengabelan

Setiap pemasangan kabel ada aturan yang tegas, yaitu ada kabel positif dan negative, jika pemasangan kedua kabel tersebut benar maka tidak terjadi konsleting pada instalasi listrik rumah anda, namun terkadang pemasangan kabel secara manual seringkali terjadi kebingungan, bagaimana aturan yang semestinya.

Kabel yang umum dijual dipasaran terdiri dari berbagai merek dan berbagai ukuran, warna karet elastic penutup kabel juga bermacam, ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna biru, meski sebenarnya warna tersebut bertujuan untuk memastikan agar tidak terjadi salah pemasangan, namun sebenarnya bentuk isi didalamnya tetap saja sama, yakni berupa kumparan benang-benang tembaga, sedikit berbeda denga kabel jenis NYA, untuk jenis kabel yang satu ini hanya berupa satu kawat tunggal dari tembaga.

Suatu kali pernah rekan sesama pemasang instalasi kabel bertanya, jika semua kabel instalasi dipasang yang berwarna merah semua, apakah hal itu melanggar aturan pemasangan pengabelan, sebenarnya tidak menjadi masalah jika instalasi kabel dipasang satu warna semua, namun tentunya nanti akan terjadi kebingungan ketika menentukan mana yang kabel positif dan mana yang negative.

Pemasangan instalasi kabel yang mencampur adukkan ketentuan positif dan negative sangat berbahaya ketika kabel dialiri arus, untuk itulah pentingnya membedakan instalasi kabel yang dipasang itu dari warna karet pembungkusnya.

Kadang juga dalam pengabelan meski sudah dibedakan warnanya, terjadi juga kebingunan, nah untuk memeriksa apakah pemasangan kabelnya tidak dalam posisi yang bersamaan, antara positif sama positif atau negative sama negative, tips beriktu bisa dilakukan.

Tips memeriksa arus pengabelan.

1. Ambil taspen

2. Masukkan taspen kedalam dua lobang arus stop kontak

3. Perhatikan jika lampu taspen menyala ketika dimasukkan ke dalam dua lobang arus stop kontak, itu artinya ada yang salah dalam pemasangan instalasi kabel anda

4. Jika hanya satu saja yang menyala itu artinya pemasangan instalasi kabel sudah benar

Tips Sederhana Memeriksa Arus Pengabelan


Ketika dilakukan tes dengan taspen kemudian anda menemukan masalah seperti pada point 3, sebaiknya segera lakukan pembongkaran dan ulang lagi pemasangan instalasi kabel, meski tidak terjadi konsleting pada listrik sebenarnya pada situasi seperti itu sangat rentan terjadi konsleting arus pendek.

Sederhananya pengabelan pada contoh kasus diatas adalah terjadi karena pasangan kabel yang dipasang dalam posisi yang sama, postif dengan positif atau negative dengan negative, yang seharusnya pada setiap instalasi kabel listrik pemasangan dua kabel tersebut selalu berpasangan negative dengan positif.

Demikian tips sederhana dari saya, silahkan anda chek instalasi listrik dirumah anda.

Salam, Mari hemat listrik …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »