Cara Memasang Rollen Pada Instalasi Listrik Bangunan

 Cara Memasang Rollen Pada Instalasi Listrik Bangunan


Rollen seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, pada artikel "Fungsi rollen pada instalasi listrik rumah" merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pemasangan kabel pada instalasi listrik bangunan, untuk suatu alasan tertentu rollen selalu dipasang bersama kabel pada bagian kuda-kuda bangunan atau rumah, karena itu cara pemasangannya dianjurkan melalui tahapan tertentu, nah berikut ini kita akan bahas caranya.

Tahapan awal pemasangan instalasi listrik rumah kabel terlebih dahulu dipersatukan dengan rollen, nah model penyatuan ini bisa diikat menggunakan benang dan ada juga yang dilakukan dengan cara kabel dipelintir ke rollen, tergantung inisiatif si pemasang (installer) listrik, namun agar penggunaan kabel lebih efisien maka yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mengikatkan kabel ke rollen menggunakan benang khusus yang terbuat dari karet.

Karena pemasangan kabel dan rollen dilakukan sebelum rollen dipakukan ke tiang kuda-kuda bangunan, maka dari itu dibutuhkan meteran untuk mengukur panjang kabel yang dibutuhkan, semua aktifitas penyatuan kabel dengan rollen ini dilakukan di bawah, jika pengikatan dirasa sudah beres barulah kabel diangkat ke tiang kuda-kuda bangunan, setelah itu dilakukan pemakuan rollen pada kayu kuda-kuda bangunan.

Bagaimana sobat installer? Agak sedikit keras kan perjuangannya memasang rollen dengan kabel ini, nah oleh sebab itu seorang installer yang mahir sekalipun membutuhkan skema rancangan, agar ketika dilakukan pemasangan jumlah kabel cukup jumlah rollen juga cukup, namun untuk pemasangan rollen ini ada satu ketentuan yang sepertinya wajib untuk ditaati, ketentuan tersebut adalah disetiap persimpangan kuda-kuda wajib dipasang rollen, karena disitulah sesungguhnya fungsi rollen pada instalasi listrik bangunan, jadi semakin banyak rollen dipasang maka semakin rapi pemasangan instalasi listrik bangunan, mengapa demikian? Karena rollen tersebut berfungsi untuk menjaga agar pengabelan ditiang kuda-kuda teratur, rapi, dan memudahkan ketika pada suatu waktu dilakukan penambahan instalasi listrik pada bangungan tersebut.

Mengingat karakteristik tiang kuda-kuda saat ini semakin beragam, ada yang terbuat dari kayu, ada yang terbuat dari baja, dan lain sebagainya, maka bentuk rollen juga dirancang untuk itu, jadi anda selaku installer jangan lupa, jika melakukan pemasangan listrik pada gedung yang menggunakan baja sebagai rangka kuda-kudanya, maka tentu anda membutuhkan jenis rollen yang khusus untuk rangka baja.

Bahan yang dipersiapkan untuk pemasangan rollen

Sebelum dilakukan pengabelan dengan rollen, ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan

1. Paku

2. Meteran

3. Martil 

4. Kabel 

5. Rollen

6. Benang karet

7. Tang lancip (tang buaya)

Tahapan yang dilakukan pada pemasangan rollen

1. Siapkan kabel (positif, negative, dan kabel untuk arde), karena kabel ini merupakan kabel utama instalasi maka sangat disarankan agar menggunakan kabel NYA ukuran 1,5 atau 2, tergantung bentuk bangunan yang sedang anda kerjakan.

2. Siapkan rollen secukupnya, biasanya di toko listrik rollen ini dibeli perkilo, atau dengan kata lain rollen ini dibeli dengan ukuran berat, maka dari itu perhatikan jenis rangka kuda-kuda bangunannya, jika ia menggunakan kayu maka cukup menggunakan rollen yang biasa saja, namun jika rangka bangunannya semuanya terbuat dari baja maka siapkan rollen untuk rangka baja.

3. Tali (benang karet), benang ini memang sedikit berbeda dengan benang biasanya, ini merupakan benang khusus yang digunakan untuk mengikatkan rollen dengan kabel, mengapa menggunakan benang karet dan mengapa tidak menggunakan benang biasa saja, alasannya karena benang karet itu bisa lebih tahan lama, dan bisa mengikat dengan kuat. 

4. Setelah semua perlengkapan dirasa beres, berikutnya ukur jarak yang akan dipasangkan rollen pada kabel, biasanya jarak ini bervariasi, antara tiap satu meter, namun karena disetiap persimpangan wajib hukumnya ada rollen maka dari itu agak sedikit banyak membutuhkan rollen.

5. Setiap satu rollen musti dipasang satu jenis kabel, karena bentuk rollen sejajar maka itu pemasangannya juga harus sejenis, untuk lebih memudahkan anda bisa lihat bentuk jalur rollen pada gambar dibawah ini.



6. Biasanya pemasangan rollen agak sedikit membutuhkan konsentrasi ketika tiba di persimpangan, pasalnya dipersimpangan ada beberapa peristiwa yang harus diperhatikan secara serius, dimana pada persimpangan ini musti terjadi penyambungan kabel, pengaturan arah kabel yang sejenis, seperti yang terlihat pada gambar diatas, selain itu untuk penyambungan kabel pada persimpangan sebainya ujung kabel dilebihkan, hal ini fungsinya ketika pada suatu saat terjadi penambahan ruang bangunan, maka pemasangan instalasi listrik berikutnya dilakukan penyambungan melalui penyambungan kabel di persimpangan ini, maka dari itu sisakan ujung kabel minimal sekitar lima sentimeter.

7. Anda tentu bisa membayangkan instalasi kabel dari kuda-kuda bangunan ke stop kontak terjadi didalam tembok, oleh karena itu setiap terdapat lobang kebawah tempat dipasang stop kontak, maka disana juga dilakukan pemasangan rollen.

Nah pembaca setia, dari penjelasan yang agak panjang ini kita bisa simpulkan bahwa rollen ternyata berfungsi besar pada instalasi listrik, agar kabel di atas kuda-kuda tersebut aman, rapi, dan teratur maka pemasangan rollen membutuhkan konsentrasi yang detail.



Sekian dulu penjelasan sederhana tentang cara pemasangan rollen pada instalasi listrik banguna rumah, dilain waktu kita akan coba bahas tentang bagaimana cara melakukan penyambungan kabel pada persimpangan kuda-kuda yang sudah dipasang rollen, terima kasih atas perhatiannya, sampai jumpa, jika ada yang ingin anda tanyakan jangan ragu, silahkan tuliskan pada kolom komentar.
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »