Cara Memasang Kabel Induk Pada MCB

MCB mungkin tidak asing lagi bagi semua petugas pemasangan listrik, karena alat yang satu ini sangat besar fungsinya dalam kegiatan penyaluran arus listrik pada suatu bangunan atau jalan, maka dari itu kali ini kita coba mengulas ilmu dasar dalam instalasi listrik ini.

Anda mungkin telah pula mahfum apa itu fungsinya MCB pada instalasi listrik, sekedar mengingat kembali ada baiknya kita terangkan pula kegunaannya MCB ini, “MCB merupakan salah satu pemutus hubungan listrik otomatis, dan pembatas daya listrik”, terkadang pengertian MCB ini sering tercampurkan dengan KWH meter, lalu kapan dan dimana dipasang MCB ini pada instalasi listrik.

Biasanya sebelum pemasangan instalasi listrik pada suatu bangunan rumah atau gedung, pemasangan kabel pada MCB merupakan tahap pertama dilakukan, sebelum dilakukan pemasangan pada bagian lainnya, untuk keteraturan sebuah instalasi listrik, maka MCB dipasang sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya.

Pada instalasi listrik rumahan biasanya MCB dipasang setelah KWH meter, namun demikian sebenarnya tidak ada larangan untuk memasang MCB lebih dari satu pada instalasi listrik rumah.

Nah beberapa hari terakhir, ada salah seorang siswa private saya bertanya bagaimana caranya memasang kabel pada MCB, karena pertanyaan tersebut sifatnya khusus dan private maka kita coba bahas dengan sebuah keteraturan, dimana MCB terlebih dahulu kita pasang setelah KWH meter listrik, hal ini berfungsi untuk memutuskan hubungan listrik secara otomatik ketika terjadi suatu korsleting pada kabel lainnya.

Alur Pemasangan Kabel Induk

Kabel induk yang berasal dari tiang utama listrik, pertamanya akan dihubungkan dengan KWH meter, setelah itu kabel dari KWH meter baru dipasang MCB, cara memasangnya juga cukup mudah, namun harus hati-hati karena jangan sampai salah memasangnya.

Kabel yang harus dimasukkan kedalam MCB adalah kabel fase atau kabel arus negative, sedangkan kabel netral tidak dimasukkan kedalam MCB, untuk lebih mudahnya silahkan simak gambar dibawah ini.

pemasangan MCB
(Skema pemasangan kabel pada MCB)


Nah setelah pemasangan kabel pada MCB selesai barulah kita rangkai kabel untuk stopkontak lainnya, cukup mudah bukan, baiklah sobat installer demikianlah pengetahuan dasar tentang pemasangan MCB pada instalasi listrik.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan layangkan pada kotak komentar, terima kasih atas perhatiannya, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »