Thursday, 4 August 2016

Cara Menggunakan Obeng Taspen

Cara Menggunakan Obeng Taspen

Kadang kalau dilihat bentuknya seperi obeng, kadang ada pula bentuknya seperti pulpen saja, dan berbagai bentuknya yang lain, itulah taspen, alat kecil berbentuk obeng ini fungsinya disamping membuka atau memasang sebuah baut, ia juga berfungsi untuk melihat arus listrik.

Mengapa obeng taspen bisa digunakan untuk melihat arus listrik, karena pada bagian atasnya dipasang sebuah sekring dengan lampu indicator yang terhubung dengan sebuah kabel ke bagian besi obeng, karena itulah ketika kutub positifnya disentuh dengan jari maka lampunya akan menyala, jika ujung obeng taspen bersentuhan dengan kabel listrik negative, jika sebaliknya ujung obeng taspen bersentuhan dengan kabel positif maka lampu indicator pada sekring tidak menyala.

Menggunakan taspen sangat mudah, hanya dengan memasukkan ujung obeng taspen kedalam salah satu lobang stop kontak, kemudian sentuh bagian atas taspen dengan jari.

Bagi anda yang sudah mahir tentu saja mudah untuk menterjemahkan hasil penggunaan taspen, tapi bagi yang belum tahu sama sekali, maka perlu bimbingan untuk memahaminya.

Cara menggunakan taspen dan menterjemahkan hasil penggunaan.

1. Masukkan ujung obeng taspen ke salah satu lobang stop kontak, kemudian sentuh bagian atas taspen dengan jari, jika lampu indicator pada sekring taspen menyala itu artinya pada lobang stop kontak terdapat arus massa.

2. Masukkan ujung obeng taspen ke lobang stop kontak yang satu lagi, jika lampu indicator sekring tidak menyala itu artinya pada lobang stop kontak terdapat arus postitif.

Karena setiap pasangan kabel instalasi listrik terdiri dari muatan positif dan negative, untuk menandakan suatu kelistrikan normal dengan menggunakan taspen, maka salah satu kabelnya jika bersentuhan dengan taspen akan mengakibatkan lampu indicator sekring menyala, dan yang satunya lagi tidak menyala.

Dibawah ini anda bisa lihat video tutorial lengkap bagaimana cara menggunakan obeng tespen, untuk kebutuhan peralatan listrik perumahan.


Jadi obeng taspen selain berfungsi untuk membuka atau memasang baut, juga bisa anda gunakan untuk memeriksa normal atau tidaknya kelistrikan di rumah anda.

Agar obeng taspen tetap berfungsi sebagaimana mestinya, maka sangat disarankan untuk tidak meletakkan obeng taspen didekat perangkat yang panas, seperi diatas kompor gas, diatas penanak nasi, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Obeng Taspen
Karena jika sekring obeng taspen putus maka dengan sendirinya taspen tidak bisa lagi berfungsi, atau jika bagian ujung obeng patah dan tidak menyisakan sedikitpun bagian besinya, maka dengan sendirinya juga taspen tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya.

Baiklah sobat pembaca, demikianlah penjelasan singkat kami tentang cara menggunakan taspen, terlebih dan terkurang kami mohon maaf, sampai jumpa di episode berikutnya, hehehe …

Mari budayakan hemat listrik …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.
Cara Menggunakan Obeng Taspen
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.