Monday, 8 August 2016

Tutorial Latihan Listrik Membuat Satu Lampu Dinyalakan Dengan Satu Saklar Tunggal

Tutorial Latihan Listrik Membuat Satu Lampu Dinyalakan Dengan Satu Saklar Tunggal

Kejadian berikut ini setiap hari terjadi di rumah dan lingkungan tempat tinggal anda sobat installer, dimana ketika anda menemukan sebuah saklar lampu lalu menurunkannya ke posisi on, maka lampu listrik akan menyala, karena seringnya terjadi sehingga barangkali tidak pernah terpikirkan bagaimana rangkaian listrik pada saklar tersebut bekerja.

Kepada siswa private saya sering memberikan praktek langsung seperti kejadian diatas, yakni bagaimana caranya membuat sebuah lampu menyala dengan satu buah saklar tunggal, terkadang siswa private saya yang belum mendapat materi apapun tentang kelistrikan, selalu saya dorong untuk membuatnya bagaiamana sebuah saklar bekerja menghidupkan sebuah lampu, hal ini sekaligus untuk mempercepat dan mempermudah mereka memahami sebuah kinerja rangkaian listrik.

Jadi kali ini kita coba tuliskan tutorial tentang latihan yang sama yakni menghidupkan sebuah lampu dengan satu buah saklar tunggal.

Bagi anda yang ingin mencobakan latihan cara membuat lampu menyala dengan satu saklar tukar, sebaiknya siapkan peralatan listrik sebagai berikut.

1. Papan triplek ukuran 18 x 28 cm

2. Kabel hitam

3. Kabel biru

4. Kotak-kotak

5. T.dost

6. Pipa PVC 5 atau 8 inci

7. Klem pipa

8. Elbo

9. Saklar tunggal

10. Fiting duduk

11. Sekrup secukupnya

Karena kita akan melalukan praktek ini persis seperti pemasang instalasi listrik professional, maka sebelum dilakukan pengerjaan, terlebih dahulu kita membuat gambar skema listrik pada selembar kertas, dengan skema dasar seperti gambar dibawah ini.
skema dasar rangkaian satu lampu dengan satu saklar tunggal

Gambar skema dasar diatas merupakan langkah petunjuak awal untuk kita mengerjakan instalasi pada papan kerja (triplek), sehingganya anda akan lebih mudah memahami model arus kelistrikannya dan jelas apa saja hal pertama yang harus dikerjakan pada papan praktek.

Setelah membuat gambar skema dasar berikutnya terjemahkan kedalam gambar garis tunggal, seperti gambar dibawah ini.
skema gambar garis tunggal untuk satu lampu dengan satu saklar tunggal

Berikutnya setelah itu bikin pula gambar skema pelaksanaan rangkaian kerja, seperti gambar dibawah ini.
skema gambar pelaksanaan untuk satu lampu dinyalakan dengan satu saklar tunggal

Setelah semua skema gambar diatas selesai barikutnya kita masuk kepada tahapan latihan kerja menyalakan sebuah lampu dengan satu saklar tunggal, seperti dibawah ini.

Tahapan kerja pada papan triplek:

a. Potong pipa PVC sepanjang 5 cm, masing-masing sebanyak 4 buah.

b. Pasang kedudukan T.Dost dengan sekrup tepat dibagian tengah papan kerja.

c. Pasang kedudukan kotak-kotak pada sisi bagian bawah sejajar dengan kedudukan T.Dost.

d. Pasang kedudukan fiting duduk pada bagian atas papan kerja, sejajar dengan T. Dost.

e. Pasang rangkaian pipa PVC sesuai dengan rangkaian gambar pelaksanaan, untuk persimpangan ke kanan gunakan elbo sebagai penghubung.

f. Rapikan pemasangan pipa PVC dengan menggunakan klem pipa.

Setelah semua rangkaian papan kerja selesai dibuat, berikutnya pengabelan, masukkan kedua jenis kabel (kabel hitam dan kabel biru) kedalam rangkaian pipa PVC yang sudah terpasang.

Karena yang kita kerjakan adalah menghidupkan sebuah lampu dengan satu saklar tunggal, maka pemasangan kabel pada saklar tunggal dan fiting lampu dilakukan setelah semua kabel berada pada posisi masing-masing.

Untuk memasang kabel pada fiting lampu bisa disimak seperi gambar dibawah ini.
cara pemasangan kabel pada fiting lampu

Kemudian setelah semua posisi kabel aman, dalam artian tidak ada kabel yang terkelupas atau tembaga kabel saling bersentuhan antara kabel merah dan kabel hitam, berikutnya kita tinggal uji penyalaan lampu dengan cara menyambungkan langsung dengan arus listrik.

Biasanya untuk latihan praktek seperti ini dengan siswa private, saya menggunakan MCB pada bagian pangkal kabel, hal ini buat berjaga-jaga kalau terjadi korsleting pada instalasi yang dipasang siswa.

Jika kita lengkapi semua latihan membuat membuat lampu dengan satu saklar tukar, maka akan terlihat pada papan praktek gambar lengkap sebagaimana yang terlihat dibawah ini.
rangkaian papan kerja untuk satu lampu dinyalakan dengan satu saklar tunggal

Demikian dulu tutorial singkat kita tentang instalasi dasar listrik dengan model satu saklar tunggal menghidupkan satu buah lampu, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan pada kolom komentar, sampai jumpa di artikel berikutnya, salam …

Mari hemat listrik …
Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.
Tutorial Latihan Listrik Membuat Satu Lampu Dinyalakan Dengan Satu Saklar Tunggal
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.