Tutorial Listrik Lengkap Cara Memasang Kabel Pada Saklar Seri Atau Ganda

Beberapa waktu sebelum ini ada suatu insiden kecil terjadi di rumah seorang kawan bernama Alfaj di Bone, awalnya dia ingin memasang saklar pada ruangan tambahan di dapur belakang rumahnya, setelah semua pernak-pernik listrik dipersiapkan, seperti saklar, kabel, tang potong, obeng, dan meteran.

Singkat cerita setelah ia selesai memasang saklar, kemudia dia mencoba menghidupkan lampunya dengan menekan tombol On, detik setelah tombol on ditekan, langsung MCB pada sekring mati (off), ternyata korslet, sehingga aliran listrik terputus otomatis.

Sudah dua kali mencoba memasang ulang kembali, kejadiannya tetap sama listrik kembali off, karena bingun dengan yang terjadi pada akhirnya dia menghubungi saya dan menceriterakan masalahnya, setelah bercerita panjang lebar, kemudian Alfaj menemukan solusinya.

Kesimpulannya memasang saklar tidak sama dengan memasang stop kontak listrik, karena itu kita coba tutorialkan bagaimana cara memasang saklar dengan baik.

Prinsip dasar saklar

Apapun bentuk macam saklar fungsinya adalah untuk memutuskan atau menyambungkan aliran listrik kepada sebuah lampu, ataupun peralatan elektronik yang dinyalakan dengan listrik.

Jika anda membayangkan dua kabel fase dan netral, maka fungsi fase adalah sebagai pengantar tegangannya, karena itu didalam menyalakan sebuah lampu prinsipnya yang akan dibuat adalah tempat penyambungan dan pemutusan kabel fase menggunakan saklar, sedangkan untuk kabel netral langsung dihubungkan pada fiting lampu, dan didalam kotak saklar kabel netral hanya numpang lewat saja.

Dalam kasus korsleting listrik akibat pemasangan saklar salah seperti pada kasus kawan kita Alfaj diatas, ia menggunakan saklar seri/ganda, untuk menyalakan dua buah lampu dalam satu kotak sakelar, dibawah ini kita tampilkan symbol dasar dari sakelar seri/ganda.

Kadang memang sedikit membingungkan bagaimana caranya memulai penyambungan kabel untuk saklar, jika tidak diketahui mana yang kabel fase dan mana yang kabel netral, untuk memeriksa dimana posisi kabel fase pada sebuah aliran listrik, bisa kita lakukan uji sederhana menggunakan obeng tespen.

Ketika obeng tespen di masukkan kedalam sebuah stopkontak, atau ditempelkan pada kabel berarus langsung, maka Kabel fase adalah kabel dimana lampu indicator obeng tespen menyala, untuk lebih mudahnya silahkan simak gambar dibawah ini.

Memasang kabel pada saklar

Dari arus kabel fase kita mulai memasang saklear, untuk lebih mudahnya, anda bisa simak video tutorial dibawah ini, cara pengabelan pada sakelar seri atau ganda.


Nah pemirsa, tidak terlalu sulitkan memasang instalasi listrik menggunakan sakelar, asalkan anda memahami prinsip dasarnya bahwa kabel yang akan difungsikan untuk menghubungkan dan memutuskan listrik adalah kabel fase, jangan keduanya, atau kabel netral.

Sekian dulu pembahasan kita tentang cara mudah memasang instalasi kabel pada sakelar, sampai jumpa dipembahasan artikel berikutnya, salam.

Kami sekumpulan orang-orang yang merasa, * Kehidupan ini semestinya berjalan adil dengan sekeliling alam, * Kehidupan ini semestinya cukup tanpa harus saling membunuh. * Kehidupan ini semestinya ramah, seperti ramahnya semilir angin pagi yang membelai kepala.

Do you feel same lake this, join with me ..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »