Wednesday, 11 January 2017

Instalasi Listrik Bangunan Beton Dan Bangunan Kayu

Instalasi Listrik Bangunan Beton Dan Bangunan Kayu

Ketika bicara soal instalasi listrik untuk bangunan antara bangunan gedung beton dengan bangunan kayu, memang memiliki banyak perbedaan, selain dari perbedaan struktur dasar bahan bangunannya, namum yang jelas persamaannya setiap bangunan yang ingin di terangi listrik, harus dilakukan pemasangan instalasinya.

Karena itu untuk anda yang berprofesi sebagai installer listrik, maka hal pertama yang paling penting diperhatikan adalah membedakan kebutuhan instalasi listrik untuk kedua jenis bangunan tersebut, yakni bangunan dengan bahan dasar beton dan bangunan dengan bahan kayu.

Di Indonesia bagian timur, persoalan kebutuhan instalasi listrik ini paling sering ditemukan, pasalnya tidak semua penjual alat-alat listrik menyedia kebutuhan instalasi untuk kedua jenis bangunan tersebut, karena itu perlu waktu tambahan untuk mencari bahan instalasi listrik.

Perbedaan paling mendasar untuk kebutuhan instalasi listrik bangunan beton dan bangunan kayu, terletak pada kabelnya, mengapa demikian karena kabel instalasi untuk bangunan kayu pada umumnya merupakan kabel ganda, dalam satu kabel ada dua kawat tembaga, dan terkadang ada pula tiga kawat tembaga.

Apakah dengan demikian berarti kabel tunggal tidak bisa digunakan, sebenarnya kabel tunggal bisa saja digunakan, namun dari segi bentuk keindahan tentunya akan terlihat kurang indah, ketika pada tiang-tiang kayu terdapat dua kabel instalasi yang terpisah, untuk itu jika anda melakukan instalasi listrik pada bangunan kayu atau rumah kayu (biasanya jenis rumah panggung), sebaiknya gunakanlah kabel NYA atau NYM yang didalamnya terdapat dua kabel tembaga.

Bagaimana bentuk kabel NYM atau NYA yang didalamnya terdapat dua kabel tembaga, dibawah ini anda bisa lihat contohnya.



Sedangkan untuk kabel tunggal yang biasa digunakan untuk instalasi listrik pada bangunan gedung beton, bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Selain dari kebutuhan kabel tersebut, tombol sakelar atau stop kontak untuk instalasi listrik pada bangunan kayu, juga berbeda dengan bangunan gedung, anda bisa lihat contoh sakelar yang digunakan untuk instalasi listrik pada bangunan kayu, seperti dibawah ini.

Tentu saja tombol saklar untuk instalasi listrik bangunan gedung tidak lumrah dipasang pada bangunan kayu, karena itu perlu anda menggunakan bahan-bahan instalasi yang berbeda antara bangunan beton dan bangunan kayu.

Jadi pemirsa installer listrik dimanapun anda berada, masih banyak lagi perbedaan alat-alat kebutuhan listrik untuk instalasi bangunan kayu, mudah-mudahan dilain kesempatan bisa kita bahas lebih banyak lagi.

Sampai jumpa di pembahasan berikutnya, salam.
Instalasi Listrik Bangunan Beton Dan Bangunan Kayu
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.