Simbol-Simbol Gambar Bangunan Dalam Kelistrikan Sederhana

Melakukan instalasi listrik tidak cukup dengan bermodalkan peralatan saja, meski peralatan cukup namun jika installer tidak memahami gambar petunjuk, maka bisa jadi pemasangan instalasi listrik tidak sesuai dengan yang dimaksud.

Kali ini kita coba tampilkan simbol-simbol gambar bangunan yang biasa digunakan dalam sebuah gambar listrik, untuk instalasi listrik bangunan sederhana, dengan memahami simbol-simbol gambar bangunan listrik sederhana ini, berarti turut mempermudah persiapan rencana pekerjaan.

Dalam menggambar sketsa bangunan untuk instalasi listrik harus dikerjakan lengkap, dan yang paling penting sedapat mungkin harus menggunakan ukuran-ukuran lambang instalasi listrik, dan yang paling penting gambar disertai dengan skala.

Dibawah ini kita tampilkan simbol – simbol bangunan dalam suatu gambar listrik.


Untuk perancangan suatu bangunan gedung yang lebih besar, biasanya pada sketsa bangunan sudah lengkap disediakan oleh arsitek, jadi bagi installer tinggal mengerjakannya saja, dibawah ini kita tampilkan lagi simbol gambar dalam kelistrikan, untuk gambar bangunan yang lebih rinci.


Petunjuk-petunjuk singkat dibawah ini barangkali bisa membantu installer adalam membuat gambar rancana instalasi listrik.

1. Supaya gambar rapi dan jelas sebaiknya hindari garis-garis berpotongan.

2. Supaya gambar lebih jelas sebaiknya ketika menggambar diagram garis ganda sebaiknya digambar dengan warna atau jenis garis yang berbeda, jika menggunakan garis-garis berwarna, sebaiknya warna-warnanya disesuaikan dengan warna-warna hantaran yang akan digunakan pada saat pemasangannya.

3. Nyatakanlah penggunaan tiap-tiap ruangan gambar, misalnya ruangan dapur, ruang tamu, kamar tidur, dan lain sebagainya.

4. Tentukan pula letak perlengkapan hubung bagi utamanya.

5. Gamabar titik-titik lampu dengan sakelar-sakelarnya

6. Nayatakan daya lampu yang akan dipasang pada tiap-tiap ruangan

7. Gambar pula kotak-kota kontak pada dinding, perhatikan apakah diperlikan pengaman pada masing-masing kotak kontaknya atau tidak.

Nah pemirsa demikianlah tips singkat tentang simbol bangunan pada kelistrikan dan petunjuk singkat dalam menggambar bangunan untuk instalasi listrik, sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam.


Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »