Saturday, 8 April 2017

Cara Memasang Sakelar Di Dinding Rumah Menggunakan Baut

Cara Memasang Sakelar Di Dinding Rumah Menggunakan Baut

Ketika memasang sakelar kalau seorang installastir listrik tidak jeli memperhatikan bentuk sakelar yang akan dipasang, memang sering terjadi kekeliruan, hal ini sering saya alami ketika akan memasang instalasi listrik di rumah atau di bangunan gedung.

Pernah dulu saya sudah bawa perlengkapan listrik yang akan dipasang di rumah warga, jarak rumahnya cukup jauh dari tempat saya, dan juga terpisah dari pemukiman penduduk, ketika sampai dirumah tersebut baru saya sadar, ternyata rumah yang akan dipasang instalasi listrik ini adalah rumah kayu, hasilnya saya jadi repot sendiri.

Bagaimana tidak, perlengkapan listrik yang awalnya saya bawa untuk instalasi listrik bangunan beton, misalnya sakelar, stop kontak, kotak kontak, dan lain sebagainya, alhasil tentu saja semua perlengkapan yang saya bawa tidak bisa dipasang, atau andaipun bisa dipakai tentu hasilnya tidak bagus, tidak rapi, dan tidak indah dipandang.

Karena itu saya terpaksa balik lagi ke pasar, membeli perlengkapan listrik khusus untuk bangunan yang terbuat dari kayu, ini menjadi pengalaman yang paling berharga bagi saya, untuk kedepannya jika ada permintaan pemasangan instalasi listrik, maka yang pertama yang harus saya lakukan adalah, memastikan apa jenis bangunan yang akan dipasang listrik, apakah dia bangunan beton atau bangunan kayu.

Dan yang harus saya lakukan adalah membuat daftar tabel kebutuhan alat-alat listrik yang akan dipasang, bagi sahabat instalatir listrik yang belum paham cara membuat tabel kebutuhan alat-alat listrik, silahkan baca pada link artikel kami dibawah ini.


Mengenai sakelar listrik ini sebelum kita membahas lebih jauh, barangkali harus kita pahami dulu, untuk jenis bangunan yang terbuat dari kayu memang berbeda bentuk sakelarnya, sedangkan untuk sakelar yang dipasang di dinding bangunan beton, bisa disebut juga dengan sakelar benam.

Karena itu menurut saya sendiri dalam peralatan listrik ini, khususnya untuk sakelar saya membaginya menjadi dua kelompok, yaitu sakelar benam dan sakelar timbul.

Sakelar listrik entah itu sakelar seri atau ganda, untuk jenis bangunan kayu bentuknya memang berbeda, dimana sakelar khusus untuk bangunan kayu ini, dalam pemasangannya menggunakan baut yang dipakukan ke dinding kayu.

Untuk lebih mudahnya anda bisa lihat bentuk sakelar yang dipasang di dinding rumah menggunakan baut.
Sakelar Ganda khusus untuk bangunan kayu, dipasang menggunakan bantalan kayu
(Sakelar Ganda khusus untuk bangunan kayu, dipasang menggunakan bantalan kayu)
Sedangkan sakelar yang biasa digunakan untuk bangunan beton, pemasangannya dibenamkan kedalam dinding, dan pada saat pembuatan bangunan biasanya tukang bangunan sudah membuatkan kotak tempat pemasangan sakelar, jadi installer listrik tinggal menyatukannya dengan kotak sakelar yang digunakan pada saat melakukan pemasangan kabel.

Coba simak gambar dibawah ini, ini adalah gambar sakelar yang sudah dipasang didinding, dimana didalamnya terdapat kotak yang menjadi penopang sakelar.


Perbedaan yang paling mencolok dari jenis sakelar untuk bangunan beton dan kayu ini adalah sebagai berikut.

1. Sakelar yang dipasang di bangunan beton, harus menggunakan kotak didalamnya sebagai bagian dari pengamanan kabel, fungsinya untuk memberikan ruang gerak kabel didalam kotak, sehingga ketika nanti dilakukan pemasangan instalasi listrik, installer listriknya tidak kewalahan memasukkan kabel kedalam sakelar, atau stop kontak untuk dinding.

Untuk lebih mudahnya, silahkan simak gambar simulasi pemasangan saklar didalam dinding bangunan beton, dibawah ini.

gambar simulasi pemasangan saklar didalam dinding bangunan beton

2. Sedangkan sakelar yang khusus untuk bangunan kayu, karena penggunaannya untuk dinding kayu, bentuknya seperti kotak biasa, dan didalamnya sudah ada kedudukan baut yang akan dipakukan ke dinding kayu.

Kedua jenis sakelar diatas (sakelar untuk bangunan beton dan saklar untuk bangunan kayu) sudah memiliki baut sebagai penguat kedudukan sakelar, hanya saja fungsinya masing-masingnya berbeda, sakelar untuk bangunan beton, baut yang ada didalam sakelar fungsinya untuk mengikat sakelar dengan kotak kabel didalam dinding, sedangkan sakelar untuk bangunan kayu, baut yang ada didalam fungsinya untuk pemasangan didinding kayu.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara lengkap memasang sakelar ini, bisa anda lihat di video tutorial kami dibawah ini.


Jadi jika ada pertanyaan bagaimana memasang sakelar di dinding menggunakan baut, maka hal pertama yang harus diketahui adalah, dindingnya itu dinding beton atau dinding kayu, jika dindingnya adalah dinding beton, maka seharusnya sudah ada kotak-kotak yang sudah tertanam didalam dinding sebagai tempat kedudukan kotak sakelar, namun jika dindingnya adalah dinding kayu, baru bisa dilakukan pemasangan sakelar dengan menggunakan baut, tapi harus menggunakan sakelar khusus untuk bangunan kayu, karena sakelar untuk bangunan beton tidak indah dilihat jika dipasang pada bangunan kayu, kalaupun bisa dipasang dengan menggunakan bantalan kayu, tetap saja akan terlihat kejanggalan, karena pasti kabel sambungannya terlihat diluar.

Karena tidak mungkin memasang sakelar di dinding beton menggunakan baut, disamping keamanannya tidak terjaga, dari segi bentuk keindahan dankerapiannya juga kurang bagus.

Demikianlah pemirsa dimanapun anda berada, jika ada pertanyaan tentang pembahasan kita kali ini, jangan sungkan silahkan tuliskan di komentar, sampai jumpa diartikel selanjutnya, salam.
Cara Memasang Sakelar Di Dinding Rumah Menggunakan Baut
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.