Stopkontak Dan Cara Memasang Rangkaian Stop Kontak Pada Dinding Rumah

Rangkaian listrik yang satu ini dipastikan selalu ada terpasang di bangunan, yakni stopkontak, bagaimanapun juga rangkaian ini yang paling banyak membantu pengguna listrik untuk menyalakan aneka perangkat elektronik, untuk anda yang belum memahami apa itu stopkontak? Bagaimana bentuk stopkontak? Apa saja manfaat dari stopkontak? Dimana saja dipasang stopkontak? Pada instalasi lsitrik bangunan, dan bagaimana caranya memasang pada dinding rumah? Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, baik kiranya kita pahami dulu seperti apa lambang atau simbol stopkontak pada instalasi listrik, silahkan simak gambar dibawah ini.

simbol dasar listrik simbol stopkontak

Dalam istilah kelistrikan ada banyak simbol yang dibuat dan dibakukan sebagai kode listrik, dari sekian banyak simbol itu, ada simbol-simbol dasar yang harus dipahami dengan baik, untuk itu bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang simbol dasar ini, silahkan baca pada artikel berikut ini.


Apa itu stopkontak?

Nah untuk yang satu ini paling banyak membuat bingung siswa pemula jurusan listrik, pasalnya stop kontak dengan saklar biasanya diartikan sama, padahal sesungguhnya ia berbeda, begitu juga dengan fungsinya, stop kontak berfungsi untuk menyambungkan dan memutuskan sebuah aliran listrik, jika anda biasa melihat kabel panjang tempat mencolokkan peralatan soundsystem sebuah elekton maka itu dinamakan dengan stop kontak, begitu juga dengan tempat colokan charge phonsel dirumah anda, itu juga dinamakan dengan stop kontak.

Bagaimana bentuk stopkontak?

Dengan semakin moderennya kehidupan, sekarang banyak sekali macam bentuknya stopkontak, ada stopkontak yang dibuat menyatu dengan saklar, ada pula stopkontak yang dibuat dengan modifikasi tertentu, sehingga dapat dibuka tutup, ada pula stopkontak yang dibuat sekaligus sebagai tempat menyimpan uang dirumah, pokoknya beragam, namun yang pasti bentuk stopkontak itu memiliki lubang tempat memasukkan colokan kabel.

stopkontak tiga lubang
(salah satu bentuk stopkontak)
Manfaat stopkontak listrik?

Karena stopkontak merupakan satu titik pemakaian listrik, maka manfaat nyata dari stopkontak adalah untuk menghubungkan arus listrik, kepada perangkat elektronik yang digunakan.

Zaman semakin moderen ini hampir bisa dipastikan, apapun bentuk peralatan rumah tangga yang sifatnya mempermudah hidup, selalu dinyalakan dengan bantuan stopkontak, tidak hanya peralatan rumah tangga, untuk mesin kerja industri juga kebanyakan menggunakan stopkontak dalam pemakainnya, misalknya peralatan rontgen dirumah sakit, peralatan mikroskop di laboratorium, dan lain sebagainya.

Dimana saja stopkontak terpasang?

Hampir disetiap instalasi listrik pada bangunan apapun selalu disediakan stopkontak, namun prinsip pemasangan stopkontak ini sebenarnya mengacu kepada fungsi dan manfaatnya, misalkan ada suatu ruangan yang difungsikan sebagai ruang kerja direktur, maka stopkontak bisa saja dipasang didekat meja kerja direktur atau didekat kursi tamu direktur, atau didekat jendela direktur.

Bagaimana cara memasang stopkontak di dinding rumah?

Cara memasang stopkontak pada dinding rumah sangat mudah, namun sebelum melakukan pemasangan pastikan anda menemukan syarat berikut ini.

1. Pada dinding rumah sudah terdapat kota-kotak sebagai tempat kedudukan stopkontak yang akan dipasang, kotak-kotak ini bisa bermacam jenisnya, yang perlu anda ingat dari beragam jenis kotak-kontak ini, adalah kesesuaian kedudukannya dengan stopkontak, karena setiap kotak kontak belum tentu sesuai pemasangannya pada stopkontak.

2. Pastikan sudah ada tersedia tiga jenis kabel yang akan dilakukan pemasangan pada stopkontak, tiga jenis kabel tersebtu adalah, kabel fase, kabel netral, dan kabel grounding/arde atau pembumian.

Jika dua syarat diatas sudah terpenuhi, sekarang anda tinggal memasang rangkaian kabel pada stopkontak, untuk cara memasang rangkaiannya bisa anda simak gambar dibawah ini.

Cara Memasang Rangkaian Stop Kontak Pada Dinding Rumah

Nah pemirsa di negara manapun anda berada, demikian dulu pembahasan kita tentang stopkontak, semoga artikel singkat ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya, salam.
DMCA.com Protection Status

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »