Mengapa Kabel Arde Pada Instalasi Listrik Rumah Tidak Berfungsi

“Pengetahuan listrik sederhana”

Sebelum kita membahas masalah arde listrik yang tidak berfungsi ini, saya ingin mengingatkan kembali kepada seluruh penduduk bumi, khususnya yang berasal dari Negara Indonesia, bagi anda yang ingin melakukan pemasangan listrik baru dan tidak ingin terjebak oleh calo listrik, sebaiknya lakukan pendaftaran melalui website resmi PLN.

Kembali kita ke pokok pembahasan mengenai kabel arde yang tidak berfungsi, saya sengaja mengangkat tema ini mengingat beberapa waktu lalu salah seorang dari pembaca blog kita ini, bertanya tentang kabel arde yang tidak berfungsi pada instalasi listrik dirumahnya.

Perlu untuk kita perhatikan, arde pada instalasi listrik secara kasat mata hanya ditandai dengan adanya dua kawat yang menonjol keluar pada colokan atau stopkontak yang tertanam di dinding, dimana dengan demikian kita meyakini bahwa pada suatu instalasi listrik bangunan, sudah terpasang kabel arde didalamnya, namun apakah kabel arde tersebut berfungsi sebagaimana mestinya, untuk meyakini hal tersebut tidak ada cara selain kita mengukurnya dengan alat ukur, dan memastikannya dengan alat ukur tersebut bahwa kabel tersebut tidak putus dan utuh tersambung sampai ke besi yang ditanam di dalam tanah.

Maka dari itu hampir tidak banyak penghuni suatu bangunan rumah, memahami apakah kabel arde tersebut berfungsi atau tidak, hal itu dikarenakan minimnya pengetahuan dan informasi tentang kabel arde ini, dan tidak banyak pula penghuni rumah memahami pentingnya arde listrik ini.

Berangkat dari persoalan kabel arde yang jarang di pahami “umat listrik” ini, sering saya menerima keluhan dari tetangga tentang kabel arde yang tidak berfungsi.

Berdasarkan pengalaman dilapangan ketika memeriksa kabel arde, saya bisa menyimpulkan beberapa point yang kiranya bermanfaat untuk kita pahami bersama, dengan demikian kita bisa mengatasi dengan baik jika suatu saat kabel arde pada instalasi listrik dirumah anda mengalami kerusakan.

Beberapa kerusakan yang sering timbul pada kabel arde

1. Pada kebanyakan instalasi listrik bangunan kayu, saya sering menemukan kabel NYG atau NYM yang digunakan berisi tiga slot kabel pada balutan karetnya, dimana ketiga slot tersebut adalah kabel berwarna merah, biru dan kuning, dimana pada intinya salah satu kabel tersebut difungsikan untuk arde.

Nah pada kasus seperti ini kebanyakan kerusakan kabel arde dipicu oleh dua kabel yang berada dalam lilitan yang sama tersebut, misalnya ketika kabel fase mengalami keausan lalu terbakar, maka besar kemungkinan kabel arde juga akan terkena imbasnya, selain itu lamanya ketahanan kabel juga turut mempengaruhi.

Maka dari itu jika kasus seperti ini terjadi pada instalasi listrik rumah anda, sebaiknya ketika melakukan penggantian kabel atau penyambungan, sebaiknya lakukan juga penyambungan untuk dua jenis kabel lainnya (kabel arde dan kabel netral)

2. Pada instalasi listrik bangunan beton, kabel arde dan kabel fase atau netral biasanya terpisah, dan kerusakan kabel arde pada instalasi listrik bangunan beton ini, biasanya terjadi pada sambungan yang terpasang pada stopkontak.

Namun demikian tidak tertutup kemungkinan kerusakannya juga bisa terjadi pada sambungan yang terdapat diatas tiang atau diatas kuda-kuda bangunan.

Yang paling sering saya temui pada instalasi listrik bangunan beton ini, kerusakan kabel arde terjadi didalam kotak yang menjadi kedudukan stopkontak, hal ini disebabkan karena adanya telur cicak atau hewan lainnya, sehingga pergerakan hewan didalam kotak kontak ini memicu terjadinya pergeseran pada kabel arde, apalagi ketika dilakukakannya pemasangan pembautannya tidak terlalu kuat, sehingga mudah lepas.

Satu hal yang perlu diingat, dalam pemasangan stopkontak eksternal atau kabel eksternal, penting juga untuk diperhatikan apakah didalamnya terdapat kabel arde atau tidak, jika tidak terdapat kabel arde didalam stopkontak eksternal, maka ketika digunakan untuk perangkat elektronik, sudah bisa kita pastikan kabel pengaman arde tidak berfungsi untuk perangkat elektronik tersebut.

Pada kebanyakan pertanyaan yang saya dapati di lingkungan saya, ketiadaan kabel arde pada stopkontak eksternal inilah yang paling sering menjadi masalah, ketika dipasangi perangkat elektronik sehingga tidak terlindungi dari sengatan petir.

Bagi sahabat dirumah yang ingin mengetahui cara mengamankan stopkontak eksternal dengan kabel arde, bisa mengikuti panduan pemasangan kabel arde pada stopkontak eksternal melalui video dibawah ini.


Nah karena pemasangan arde ini biasanya sejalan dengan instalasi listrik, dibawah ini sahabat bisa simak, bagan sederhana dari pembumian kabel arde pada suatu instalasi listrik sederhana.

Mengapa Kabel Arde Pada Instalasi Listrik Rumah Tidak Berfungsi

Nah bagi sahabat pembaca yang mengalami masalah dengan kabel arde ini, mudah-mudahan artikel sederhana ini bisa membantu memberikan ide dan solusinya, jika ada pertanyaan jangan sungkan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar dibawah ini.

Sekian dulu pembahasan kita tentang masalah kabel arde yang tidak berfungsi, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya, semoga bermanfaat, salam.

Saya memandangnya, menangkapnya, mencermatinya, dan mengatakannya dengan cara yang saya pahami, mungkin demikian yang dimaksud dengan "Menulis Lepas".


Untuk menulis lepas itu saya Bermohon agar selalu dilindungi-Nya dari fitnah Dajjal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »