Tuesday, 7 November 2017

Ini Dia Rahasia Saya Bagaimana Membuat Tagihan Listrik Rumah Super Murah

Ini Dia Rahasia Saya Bagaimana Membuat Tagihan Listrik Rumah Super Murah

Setelah sekian lama melalang buana di belantara maya, satu kesimpulan menarik menurut saya hal yang paling banyak diincar oleh pengguna dunia edan itu dalam permasalahan listrik adalah, tentang bagaimana cara mengakali tagihan listrik itu murah.

Tidak peduli dari Negara manapun, trik bagaimana mengakali KWH meter berjalan lambat selalu menarik untuk diterapkan, tujuannya tentu saja agar pelanggan listrik ini tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

Lagi-lagi ini menurut saya, sesuatu yang tidak logis ketika seseorang ingin biaya yang lebih murah dalam pemakaian listrik, namun tidak mau mengerti bagaimana berperilaku bijaksana dalam pemakaian listrik setiap detiknya.

Pada beberapa daerah di Indonesia sesekali juga saya temukan pelanggan listrik yang memiliki meteran listrik ganda dirumahnya, modusnya bermacam-macam, ada yang menaruh meteran curang itu diatas loteng rumah, ada pula yang menaruhnya di bawah tanah dengan membuat box khusus sebagai tempatnya, dan gaya lainnya.

Selama rentang perjalanan mengamati kelakuan pengguna listrik ini, ada pula kami temukan di berbagai daerah, yakni mereka yang memutar baut tengah pada KWH meter, agar piringan kilometer berjalan lambat, barangkali untuk alasan itu pula lah, penyedia jasa layanan listrik ini sering mengadakan proyek dadakan, yakni mengganti semua KWH meter dengan model yang baru.

Untuk model KWH meter pasca bayar yang baru ini gambarnya bisa anda simak seperti dibawah ini.

Ini Dia Rahasia Saya Bagaimana Membuat Tagihan Listrik Rumah Super Murah
(KWH meter pasca bayar)

Perbedaan KWH meter yang baru ini dengan yang lama salah satunya adalah, pada KWH meter yang baru pencatat pemakaian listriknya langsung tertera pada roda gulir seperti speedometer pada sepeda motor jadul, sedangkan pada KWH meter yang lama masih bisa kita lihat piringan yang berputar, dimana piringan inilah yang selalu menjadi momok bagi pengguna listrik ketika mereka ketahui pada setiap pembayaran, jika biayanya murah piringan itu tidak terlalu menakutkan, namun ketika biayanya yang dikeluarkan banyak, bermacam cara dilakukan untuk menyulapnya berputar lambat.

Pilihlah pilihan yang romantis

Kami selalu menyarankan untuk mengakali KWH meter listrik dengan cara yang aman, tidak dengan dua cara curang diatas, apakah ada cara yang aman mengakali KWH meter ini, jawabannya ada, kembali kepada diri anda, apakah anda mau memahami cara penggunaan listrik yang bijaksana dan mengerti perhitungan biaya setiap titik pemakaian listrik.

Layaknya sebuah hubungan, dalam hal listrik ini agar hubungan tersebut selalu langgeng masing-masing pihak harus saling mengerti, di pihak PLN misalnya selaku penyedia layanan, telah pula memberikan pilihan, pelanggan ingin hubungan yang mana eh maksud saya, pelanggan ingin pemakaian daya yang mana, apakah daya 400, 900, 1300 dan lain sebagainya.

Pada intinya semakain kecil pemakaian dayanya maka semakin kecil perhitungan beban biaya setiap kilonya, andai saja perilaku pemakaian listrik untuk dua pelanggan sama persis, namun beban daya masing-masingnya berbeda, maka bisa dipastikan mereka yang memakai daya lebih tinggi (misalnya 1300) akan lebih mahal.

Dalam hal ini PLN telah memberikan pilihan yang bijak untuk memilih, sekarang giliran pelanggan ingin memilih yang mana, dalam hal pilihan ini sesuatu yang tidak logis tentu saja ketika anda ingin menggunakan beban daya yang besar (misalnya 1300) namun pada saat pembayaran anda ingin biayanya seperti pemakai beban 400.

Maka dari itu pemirsa, dalam point pilihan ini, pilihlah pasangan yang cocok dan sesuai, jika anda orang termiskin di dunia, namun tetap ingin punya listrik dirumah, pilihlah yang beban daya yang kecil daya 400 misalnya, sehingga biaya yang dikeluarkan tiap bulannya tidak mahal, jika anda orang terkaya di Negara saya Indonesia sana, namun tetap ingin biaya pemakaian listrik murah meriah dan kalau bisa gratis, maka dari itu ciptakanlah sendiri penerangan untuk rumah anda, bikin sendiri pembangkit tenaga listriknya pakai sendiri.

Ini strategi saya, rahasia saya sendiri membuat tagihan listrik rumah murah dan saya tetap bahagia

Dalam dunia kelistrikan saya selalu menerapkan dalam pikiran saya “Human error teknis” entah itu disengaja atau tidak, setiap hal yang berhubungan dengan teknologi penerangan ini, mestilah ada cacatnya.

Dimanapun tempat yang pernah saya tinggali, saya memilih daya listrik 900 untuk kebutuhan listrik setiap detik, saya merasa beban daya seperti ini cocok untuk kantong menager keuangan saya (Bundanya anak-anak), disamping itu pemakaian listrik kami sekeluarga tidak pula terlalu tinggi, dengan beban daya listrik 900 ini sudah bisa menyalakan kulkas 1, mesin cuci 1, setrika listrik 1, blender 1, computer 1, TV 14 inch 1, dan peralatan elektronik sederhana lainnya.

Jadi dalam hal ini penting bagi saya untuk merancang terlebih dahulu perangkat apa saja yang membutuhkan listrik, dan berapa dayanya, sehingga kita bisa memilih hubungan yang pas dengan PLN, tidak logis kiranya jika kebutuhan listrik untuk perangkat elektronik rumah saya tinggi, namun saya memilih beban daya 400.

Selain mencabut steker listrik untuk setiap perangkat elektronik yang sedang tidak dibutuhkan (bagian dari hemat listrik), dan tidak menggunakan perangkat elektronik yang tidak dibutuhkan ketika jam beban puncak, penting bagi saya untuk memahami bahwa dalam setiap detik pemakaian listrik akan terjadi suatu hantaran listrik (arus listrik) yang melebihi ratingnya.

Kelebihan itu bagi saya merupakan bagian dari “Human error teknis”, dimana hal tersebut bisa saja disebabkan perangkat elektronik yang tidak lagi bekerja dengan baik, sehingga daya listrik yang dibutuhkannya tidak lagi sesuai dengan spesifikasi pemakaiannya, misalnya setrika, perangkat elemen setrika yang sudah aus tidak akan stabil dalam menyerap energy listrik, tidak sama dengan ketika setrika baru dibeli.

Maka dari itu bisa kita simpulkan ketika terjadi kasus arus listrik yang melebihi ratingnya, hal ini akan memicu penggunaan daya yang tinggi, entah itu penyebabnya dari perangkat elektronik ataupun pembagian arus listrik dari gardu induk, disinilah letak fungsinya saya harus memahami bahwa semua yang terjadi ini disebabkan oleh “Human error teknis”.

Penggunaan daya tinggi yang disebabkan oleh “Human error teknis” ini tentu saja akan membuat beban biaya pemakaian listrik akan meningkat, maka dari itu saya harus mengatasi kemungkinan buruk seperti ini dengan cara yang LEGAL

Cara yang paling aman dan legal yang saya terapkan dalam mengatasi pemakaian listrik yang tidak stabil ini, adalah dengan menggunakan MCB.

Sebagaimana kita ketahui salah satu fungsi MCB adalah Proteksi Beban Lebih (overload).

Di Negara saya Indonesia pada umumnya instalasi listrik suatu bangunan rumah hanya dibekali dua MCB, satu MCB yang terdapat tepat didalam KWH meter, dan satu lagi MCB pengaman yang terdapat pada instalasi kabel setelah KWH meter.

Anda bisa mempelajari lebih lanjut cara memasang MCB ini pada link artikel dibawah ini.


Menggunakan banyak MCB dalam instalasi listrik rumah, sangat membantu menstabilkan energy listrik yang terpakai, dengan demikian beban biaya pemakaian listrik saya tidak berbahaya bagi keuangan keluarga untuk pembayaran setiap bulannya.

Trik saya memasang MCB ini adalah dengan terlebih dahulu membagi jalur penggunaan listrik, sebagai contoh, anda bisa perhatikan gambar rancangan instalasi listrik dibawah ini.

Ini Dia Rahasia Saya Bagaimana Membuat Tagihan Listrik Rumah Super Murah
(Rancangan instalasi listrik)

Pada gambar rancangan instalasi listrik diatas kita bisa ketahui pada suatu bangunan terdapat kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga dan dapur, untuk kebutuhan listrik bangunan rumah yang paling banyak terjadi pemakaian listrik terjadi di dua ruangan, yaitu ruangan keluarga, dan dapur, maka dari itu pada jalur instalasi listrik untuk kedua ruangan ini saya tambahkan masing-masingnya satu MCB, satu MCB untuk ruangan keluarga, dan satu lagi MCB untuk ruangan dapur.

Mengapa demikian? Karena budaya pemakaian listrik dalam keluarga saya paling sering terjadi di dua ruangan ini, di ruangan keluarga ada TV yang akan dinyalakan setiap saat oleh anak-anak yang ingin menonton, ada pula AC, dan aneka perangkt elektronik lainnya yang pada intinya ingin digunakan di ruangan keluarga, dengan demikian untuk mengamankan kelebihan rating arus pada ruangan ini penting untuk dipasang satu buah MCB.

Demikian pula halnya dengan dapur, ada kulkas, magicjar dan lain sebagainya, bahkan Bundanya anak-anak membutuhkan listrik setiap membuat sesuatu, entah itu masakan, kue, dan kegiatan kuliner lainnya, dimana hal tersebut membutuhkan perangkat elektronik, maka dari itu untuk mengamankan arus listrik pada ruangan ini juga dipasang satu buah MCB.

Jadi pemirsa yang budiman dapat kita simpulkan, meningkatnya beban penggunaan listrik ini tidak saja disebabkan oleh perilaku manusianya, namun ada human error teknis yang turut berpengaruh, maka dari itu cara LEGAL yang saya terapkan dalam membuat tagihan listrik rumah super murah dan tetap bahagia, adalah ; 

1. Dengan cara menghemat pemakaian listrik terlebih ketika waktu beban puncak. 

2. Setelah itu mengatasi “Human error teknis” dengan menggunakan MCB.

Jika dua hal diatas berhasil anda lakukan dengan baik, percayalah niscaya biaya pemakaian anda tidak akan terlalu mahal dan menjengkelkan, karena saya sendiri sudah membuaktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika anda ingin mencoba trik jitu membuat tagihan listrik super murah ini, anda tinggal merancang sendiri dan mendata kebutuhan listriknya, di ruangan mana saja kebutuhan listrik yang paling tinggi, setelah itu pasanglah satu buah MCB sebagai pengamannya dari kelebihan rating arus.

Nah pemirsa di Negara manapun anda berada, demikianlah rahasia saya membuat tagihan listrik murah, selamat mencoba, sampai jumpa di artikel berikutnya, salam

Baca juga artikel seputar listrik dibawah ini.
Ini Dia Rahasia Saya Bagaimana Membuat Tagihan Listrik Rumah Super Murah
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.