Wednesday, 27 June 2018

5 Jenis Penghantar Arus Listrik

5 Jenis Penghantar Arus Listrik

Penghantar arus listrik yang biasa digunakan di dunia ini (Maksudnya dunia kelistrikan)menggunaka dua jenis benda, yakni kawat dan kabel, meski kita juga tahu kalau air itu juga salah satu penghantar arus listrik, namun air belum biasa digunakan dalam instalasi listrik bangunan rumah dan gedung.

5 Jenis Penghantar Arus Listrik

Kabel yang biasa dijadikan penghantar terbungkus isolasi, biasanya berinti tunggal atau ada juga yang banyak, ada yang kaku dan ada yang berserabut, ada yang dipasang di udara atau di tanam didalam tanah, dan masing-masing digunakan sesuai dengan kondisi pemasangannya. 

Kabel instalasi yang biasa digunakan pada instalasi penerangan rumah tinggal untuk ialah NYA dan NYM, pada penggunaannya kabel NYA menggunakan pipa untuk melindungi secara mekanis ataupun melindungi dari air dan kelembapan yang dapat merusak kabel tersebut. 

Pada penggunaannya bentuk sambungan kabel ini juga bermacam-macam, untuk anda yang ingin memahami lebih lanjut tentang bentuk sambungan kabel ini, silahkan baca pada link artikel dibawah ini. 


Berikutnya kembali kita ke 5 jenis penghantar arus listrik, kelima jenis penghantar ini digunakan sesuai fungsinya masing-masing. 

1. Penghantar NYA 

Biasanya kabel jenis NYA ini hanya memiliki satu penghantar berbentuk pejal, kabel ini pada umumnya digunakan pada instalasi rumah tinggal, dalam pemakaiannya pada instalasi listrik harus menggunakan perlindungan dari pipa union atau paralon/PVC ataupun pipa flesibel. 

2. Penghantar NYM 

Sedangkan kabel NYM adalah kabel yang memiliki beberapa penghantar dan memiliki isolasi luar sebagai pelindung, kabel penghantar ini dalam pemasangan instalasi listrik boleh tidak menggunakan pipa, namun untuk memudahkan saat penggantian kabel/revisi, sebaiknya pada pemasangan dalam dinding/beton menggunakan selonsong pipa. 

3. Penghantar NYY 

Kabel ini merupakan kabel tanah thermoplastic tanpa perisai, NYY biasanya digunakan untuk kabel tenaga industry, kabel ini juga dapat ditanam dalam tanah, dengan syarat diberikan perlindungan terhadap kemungkinan kerusakan mekanis, perlindungannya bisa berupa pipa atau pasir dan diatasnya diberi batu. 

Pada prinsipnya didalam kabel NYY susunannya sama dengan NYM, hanya saja tebal isolasi dan selubung luarnya serta jenis PVC yang digunakan berbeda, warna selubung luarnya hitam, untuk kabel tegangan rendah tegangan nominal 0,6/1 kV, artinya ; 0,6 kV tegangan nominal terhadap tanah, 1,0 kV tegangan nominal antar penghantar. 

Kegunaan utama dari kabel NYY sebagai kabel tenaga adalah untuk instalasi listrik industry baik di dalam gedung maupun di alam terbuka, disaluran kabel dan dalam lemari hubung bagi, apabila diperkirakan tidak aka nada gangguan mekanis, kabel NYY dapat juga ditanam di dalam tanah asalkan diberi perlindungan secukupnya terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan mekanis. 

4. Penghantar N2XY 

Kabel ini merupakan kabel tanah thermoplastic tanpa perisai, kabel N2XY memiliki inti yang terdiri dari penghantar tembaga, dengan isolasi XLPE berpelindung babat tembaga serta berselubung PVC dengan tegangan pengenal 0,6/1 kV (1,2 kV) yang dipasang sejajar pada suatu system fase tiga. 

5. Penghantar NYFGbY 

Kabel ini biasanya digunakan apabila ada kemungkinan terjadinya gangguan kabel secara mekanis, kabel NYFGbY intinya terdiri dari penghantar tembaga dengan isolasi pipa PVC, penggabungan dua atau lebih inti dilengkapi selubung atau pelindung yang terdiri dari karet dan perisai kawat baja bulat, perisai dan pembungkus diikat dengan spiral pita baja, untuk menghindari korosi pada pita baja maka kabel di selubungi PVC warna hitam. 

Nah teman pembaca, demikianlah lima jenis penghantar arus listrik yang biasa digunakan di bidang instalasi listrik.
5 Jenis Penghantar Arus Listrik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.