Saturday, 28 July 2018

Apa Itu Lampu Merkuri ?

Apa Itu Lampu Merkuri ?

Kalau tidak ada lampu maka tidak ada gunanya listrik itu dipasang di rumah, betul tidak sahabat pembaca ? nah karena itu ternyata di dunia ini lampu listrik ini banyak sekali macam-macamnya, dan masing-masing digunakan untuk tujuannya, bagi sahabat yang belum sempat mengetahui macam-macam lampu listrik didunia ini silahkah simak pada link artikel kami dibawah ini. 


Sekarang ini kita bahas lampu jenis merkuri, lampu merkuri hampir sama prinsip kerjanya dengan lampu fluoresen, dimana cahaya dipancarkan berdasarkan terjadinya loncatan (peluahan muatan) di dalam tabung. 

Namun bentuk kontruksinya berbeda dengan lampi fluoresen, lampu merkuri terdiri dari dua tabung, yakni tabung dalam yang dari gelas kuarsal dan bohlam luar. 

Tabung dalam berisi uap merkuri dan sedikit gas argon, dua elektroda utama dibelokkan pada kedua ujung tabung, dan sebuah elektroda pengasut dipasang pada sisi berdekatan dengan salah satu elektroda utama. 
Apa Itu Lampu Merkuri ?

Saat sumber listrik disambung arus yang mengaliri tidak akan cukup mencapai terjadinya loncatan muatan diantara kedua elektroda utama, namun ionisasi terjadi diantara salah satu elektroda utama dengan elektroda pengasut melalui gas argon, ionisasi gas argon ini akan menyebar didalam tabung dalam menuju elektroda utama yang lain. 

Panas akan timbul akibat pelepasan electron yang terjadi dalam gas argon, dan cukup untuk menguapkan merkuri, hal ini menyebabkan tekanan gas dalam tabung meningkat tinggi, pada mulanya arus akan bekerja 1,5 hingga 1,7 arus normal, lampu akan menyala dalam waktu 5 sampai 7 menit. 

Cahaya awal berwarna kemerahan dan setelah kerja normal berwarna putih, jika sumber listrik diputuskan maka lampu tidak dapat dinyalakan kembali sampai tekanan didalam tabung berkurang, untuk dapat menghidupkan kembali lampu merkuri ini perlu waktu sekitar 5 menit atau lebih. 

Bohlam luar dari gelas yang disisi dalamnya dilapisi dengan bubuk fluoresen, berfungsi sebagai rumah lampu dan untuk menstabilkan suhu disekitar tabung, karena lampu merkuri adalah bagian dari lampu tabung, maka untuk mengoperasikannya harus menggunakan ballast sebagai pembatas arus. 

Biasanya ballast ini berupa reactor atau transformator bergantung dari karakteristik lampunya, lampu merkuri bekerja pada factor daya yang rendah, sehingga untuk meningkatkannya diperlukan kapasitor kompensasi yang dipasang secara parallel. 

Ada berbagai macam jenis lampu merkuri yang ada dipasaran, karena masing-masing produsen lampu merkuri memberikan nama-nama yang berbeda, sehingga menyulitkan konsumen untuk mengenal setiap jenis lampu merkuri ini. 

Untuk memudahkan anda mengenal jenis lampu merkuri, dibawah ini kita tampilkan tabel karakteristik lampu merkuri tekanan tinggi, sesuai dengan daya lampu dan fluks cahaya yang dihasilkan. 

Tabel Karakteristik Lampu Merkuri Tekanan Tinggi
Daya lampu (Watt) Fluks cahaya lampu (Lumen)
50 1.800
80 3.350
125 5.550
250 12.000
400 21.500
750 38.000
1000 54.000
Sumber : BP2IP Teknik listrik, Politeknik Ilmu Pelayaran

Demikianlah sahabat pemirsa lampu jenis merkuri, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya salam.
Apa Itu Lampu Merkuri ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.