Wednesday, 19 September 2018

Penyebab Sekring Listrik Atau MCB Turun Sendiri Atau Strip (Off)

Penyebab Sekring Listrik Atau MCB Turun Sendiri Atau Strip (Off)

Kejadian ini sering dialami oleh masyarakat pengguna listrik, ketika menyalakan perangkat elektronik tertentu kemudian tiba—tiba MCBnya strip atau turun, kalau istilah di kampung-kampung sekringnya balik, kalau istilah sekarang MCB off, bagaimanapun bentuk kasusnya peristiwa yang terjadi pada judul kita kali ini disebut dengan korsleting listrik. 
Penyebab Sekring Listrik Atau MCB Turun Sendiri Atau Strip (Off)
(Ilustrasi)
Penyebab korsleting listrik seperti ini bermacam-macam, karena memang ada kabel yang rusak, atau karena adanya kelebihan permintaan daya listrik pada perangkat elektronik, sementara daya yang tersedia tidak sesuai dengan nilai listrik yang akan digunakan. 

Sekring listrik putus karena korsleting 

Istilah “sekring putus” ini paling sering terdengar di kampung-kampung, “Mengapa listrik tidak menyala” lalu dijawab pemilik rumah “sekring putus”, istilah sekring putus ini karena memang di kampung-kampung masih banyak yang menggunakan sekring sebagai pengaman listrik rumah, sementara itu zaman now sekarang kebanyakan sekring sudah diganti dengan MCB. 

Fungsi kedua (Sekring dan MCB) itu sebenarnya sama, untuk mengamankan listrik ketika terjadi peristiwa korsleting listrik. Hanya saja untuk sekring jika putus maka bisa diganti dengan satu helai kawat listrik, baru kemudian bisa digunakan lagi, sedangkan MCB tinggal di balik aja tuasnya ke posisi on, maka listrik bisa digunakan kembali. 

Pada kebanyakan kasus yang kami temukan, sekring putus atau MCB turun atau strip ini, terjadi karena penggunaan perangkat elektronik tertentu yang tidak sesuai dengan kapasitas listrik, berikut kami jelaskan. 

Contoh berikut kami harap bisa mempermudah anda memahami penyebab sekring putus atau mcb strip. Di rumah Mr A daya listrik yang digunakan 400, dengan daya segitu Mr A hanya bisa memakai perangkat elektronik seadaanya, untuk menunjang kemudahan hidup istri Mr A ingin menggunakan mesin sedot air, kulkas, televise kabel, dispenser dan perangkat elektronik lainnya. 

Karena daya yang dipilih hanya 400 maka ketika semua perangkat elektronik tersebut menyala, pada akhirnya sekring atau MCB dirumahnya putus, sehingga istri Mr A harus berkali kali menaikkan lagi posisi tuas MCBnya. 

Sejatinya dengan daya 400 tersebut hanya mampu menyalakan beberapa buah lampu dan sedikit perangkat elektronik saja, maka dari itu ketika permintaan daya listrik tinggi akibat penggunaan perangkat elektronik, MCB tidak mampu menahannya pada akhirnya MCB turun (Off). 

Ada pula contoh kasus yang lain, listrik dirumah Mr B memiliki daya 900, pada suatu hari istri Mr B membeli microwave, ketika ia ingin memanggang kue menggunkan alatnya yang baru, tiba-tiba MCB dirumahnya turun/strip, padahal seharusnya untuk satu microwave saja masih bisa dipenuhi oleh listrik dengan daya 900. 

Ketika diselidiki lebih lanjut mengapa MCB nya strip, ternyata diketahui bahwa beban yang sanggup di tampung oleh MCB yang terpasang dirumahnya hanyalah 6 Ampere, itu artinya ketika Mr B memiliki perangkat elektronik yang membutuhkan listrik melebihi dari 6 A maka secara otomatis MCB tidak mampu menahannya, maka terjadinya MCB strip atau MCB Off turun. 

Solusi agar sekring lsitrik tidak putus atau MCB rumah tidak strip/turun 

Saran kami, untuk mencegah timbulnya dampak berbahaya dari korsleting listrik, sebaiknya anda mulai bijak memilih hubungan dengan daya listrik yang disediakan PLN, anda membutuhkan listrik 1300 namun untuk menghemat uang (Pelit) anda memilih daya 400, maka jelas hal tersebut tidak sesuai dengan situasinya. 

Kemudian perhatikanlah dengan seksama kondisi listrik dirumah anda, ketika MCB pengaman yang anda gunakan hanya 4 Ampere, maka sebaiknya ketika menggunakan perangkat elektronik pilihlah perangkat yang hanya bisa dinyalakan dengan listrik 4 A, jangan lebih, jika lebih otomatis MCB dirumah anda tidak mampu menahan beban listrik yang diminta perangkat elektronik, meskipun daya listrik yang anda gunakan cukup besar semisal 1300. 

Nah sahabat listrik di Negara manapun anda berada, demikian tips singkat kami tentang mengatasi penyebab sekring listrik puitus dan MCB turun off, sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya, salam.
Penyebab Sekring Listrik Atau MCB Turun Sendiri Atau Strip (Off)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.