Thursday, 26 March 2020

Apa Artinya Listrik 3 Fase ?

Apa Artinya Listrik 3 Fase ?

Hallo sahabat pembaca di dunia manapun anda berada, bagaimana kabar kalian hari ini, semoga tetap sehat dan kuat ya, dan tetap waspada menjaga diri dari covid-19, dengan berupaya maksimal menerapkan pola hidup bersih.

Pada artikel kali ini kita akan bercerita ringan tentang kelistrikan, mengapa harus ringan, karena setelah saya telusuri berdasarkan pengalaman, ternyata bahasa kelistrikan ini cukup sulit dimengerti oleh masyarakat awam.

Sebenarnya berangkat dari itu pulalah, makanya artikel yang kami tayangkan di dalam blog ini, syarat utamanya itu harus mudah dipahami, sehingga lahirlah tagline untuk blog ini #Panduan sederhana, simple, mudah dimengerti, mengenai listrik.

Sekarang kita kembali ke pembahasan listrik 3 Phasa, sebelum kita lanjutkan, sebaiknya kita sepakati terlebih dahulu, bahwasanya Phasa yang dimaksudkan disini adalah suatu aliran arus listrik yang berpasangan dengan netral, dimanapun itu letak instalasi listriknya yang namanya 1 Phasa itu berarti ada sepasang (- dan +) arus listrik yang memberikan energi listrik pada masing-masing bebannya.
Jadi anda jangan dulu membayangkan perhitungan rumus elektronika yang rumit yang terpasang pada suatu bangunan, bayangkan saja disitu ada dua kabel yang berperan memberikan energi listrik, yakni kabel Phasa dan netral. Walaupun sebenarnya yang memberikan energi itu hanyalah kabel Phasa.

Nah, sekarang kita bisa pahami 1 Phasa itu berarti ada satu satuan, yang dimanfaatkan untuk kebutuhan energi.

Persoalan berikutnya yang harus kita pahami terkait listrik 3 Phasa ini adalah, bagaimana caranya dari 1 Phasa ini membuatnya menjadi 3 Phasa, jawabannya mudah, yaitu kita tinggal membagi dari yang 1 Phasa menjadi 3 Phasa, bagaimana cara membaginya? Untuk caranya silahkan anda simak gambar dibawah ini.

gambar simulasi pembagian listrik 1 phase menjadi 3 phase

Berdasarkan gambar diatas, bisa kita memahami bahwasanya listrik 1 Phasa itu bisa dibagi menjadi 3 Phasa, demikian secara teori dasarnya, bahkan bisa dibagi lebih banyak lagi.

Namun dalam teori prakteknya, pembagian listrik 1 Phasa menjadi 3 Phasa ini harus melalui perhitungan, dimana perhitungannya itu sendiri menggunakan rumus tertentu, dan kita tidak akan membahasnya disini.
Yang penting sekarang kita memahami dengan baik, bahwasanya listrik 3 Phasa itu adalah hasil pembagian dari 1 Phasa, dimana kegunaannya adalah untuk memudahkan penggunaan energi listrik, terkait bagaimana cara melakukannya, maka sebaiknya hal itu diserahkan kepada tenaga ahli instalasi listrik.

Demikianlah pembahasan kita tentang makna dari listrik 3 Phasa, dari mana asalnya dan bagaimana bentuk pembuatannya, sampai jumpa di artikel berikutnya, salam.
Apa Artinya Listrik 3 Fase ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.