Thursday, 19 March 2020

Apakah Rangka Baja Ringan Bangunan Aman Bagi Pengguna Listrik ?

Apakah Rangka Baja Ringan Bangunan Aman Bagi Pengguna Listrik ?

Perkembangan dunia bangunan semakin hari semakin modern, zaman ini berbagai macam model pengembangan bahan bangunan telah diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, sebutlah misalnya rumah yang dibuat dari plastik, karbon, dan lain sebagainya.

Sahabat pembaca, blog kita kali ini membahas tentang pengaruh penggunaan bahan bangunan baru ini terhadap kelistrikan, salah satu pengaruh tersebut adalah soal keraguan kita tentang keamanan, penggunaan rangka baja ringan terhadap sistem kelistrikan, khususnya pada bangunan rumah yang menggunakan rangka baja ringan sebagai salah satu materialnya.

Sebagaimana kita ketahui, ilmu dasar listrik menjelaskan bahwa besi atau jenis logam lainnya, merupakan salah satu penghantar listrik yang baik, zaman serba canggih sekarang ini, rangka baja ringan sebagai salah satu jenis logam, sangat disukai menjadi bagian rangka rumah tinggal.

Kesukaan menjadikan baja ringan sebagai bahan bangunan rumah sangat beralasan, yakni bahan tersebut lebih mudah diperoleh dibandingkan kayu. Dan kawasan hutan sebagai sumber utama kayu, makin lama makin terkikis akibat deforestry dan industri, disamping itu baja ringan terkadang diklaim juga lebih tahan dari kayu.

Dari pengamatan saya pada beberapa bangunan rumah yang menggunakan rangka baja ringan, pemilik rumah sepertinya tidak terlalu khawatir tentang kelistrikannya, namun bagi saya sendiri, ke khawatiran tersebut lebih kepada saat cuaca sedang hujan petir.

Ketika terjadi kilat dan halilintar hal itu bisa berpengaruh pada benda apapun disekitarnya, inilah yang menjadi ide masalah bagi saya pribadi terkait rumah yang memanfaatkan bahan logam pada pembuatannya.

Apakah Rangka Baja Ringan Bangunan Aman Bagi Pengguna Listrik ?
(Ilustrasi)
Pada situasi yang sering kita dengar dan saksikan, ketika petir mengenai sesuatu arus listrik yang dihasilkannya akan diteruskan ke tanah (ground) dengan sendirinya, hal ini jika terjadi pada kasus rumah yang menggunakan rangka baja, tentu saja bisa menjadi masalah, apalagi jika sistem kelistrikannya tidak menggunakan pengaman yang baik.

Maka dari itu kekhawatiran diatas terkadang mengharuskan kita semakin hati hati, terlebih dalam melakukan pemasangan instalasi listrik, sebaiknya kita melakukan pengamanan listrik yang baik pada bangunan rumah yang menggunakan rangka baja ringan tersebut.

Jika pemilik rumah tidak menggunakan grounding pada instalasi bangunan listriknya, bisa terjadi kemungkinan korslet serius pada instalasi listrik dirumah anda.

Sekali lagi saya ingatkan sahabat listrik, jika pemasangan insatalasi listriknya terdapat dirumah yang menggunakan rangka baja ringan, sebaiknya lalukan pengamanan serius pada groundingnya.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, sampai ketemu di artikel selanjutnya, semoga bermanfaat, salam.
Apakah Rangka Baja Ringan Bangunan Aman Bagi Pengguna Listrik ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.