Saturday, 28 March 2020

Bagaimana Cara Memulai Perbaikan Listrik Bagi Pemula ?

Bagaimana Cara Memulai Perbaikan Listrik Bagi Pemula ?

Oke pemirsa dimanapun anda berada, jumpa lagi kita dalam pembahasan artikel mudah dimengerti tentang listrik, pokoknya sebisa dan semaksimal mungkin kami akan membahas masalah listrik dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pekerjaan listrik, sebelum saya terjun sebagai tukang perbaikan listrik perumahan, dulu awalnya atau lebih tepatnya setelah keluar dari sekolah listrik, saya juga bingung waktu pertama kali dipanggil tetangga dan dimintai memperbaiki kerusakan listrik dirumahnya.

Kebingungan saya itu berawal dari pertanyaan seperti ini, "dari mana ya saya harus memulai pengerjaannya ?".

Nah saya yakin sekali, bagi anda anda yang baru saja selesai sekolah listrik, atau sedang menjalani sekolah listrik, pertama kali diminta untuk memperbaiki listrik dirumah orang, pernah mengalami kebingungan yang sama, sebagaimana yang saya alami.

Kali ini saya akan coba memberikan beberapa tips, agar anda mudah dan tidak gugup memulai pengerjaan listrik dirumah pelanggan anda, tips ini saya ambil berdasarkan pengalaman saya sendiri pada setiap akan melakukan perbaikan atau memasang instalasi listrik.

Ketika saya menerima pengaduan masalah listrik dari siapapun orangnya, entah itu tetangga jauh atau tetangga dekat, atau orang yang memang meminta jasa saya untuk menyelesaikan masalah listrik dirumahnya. Ada beberapa tahapan yang saya lakukan, tahapan tersebut bisa saya jabarkan dibawah ini.

1. Mempersiapkan peralatan.
Ini adalah hal pertama yang saya lakukan, ketika akan berangkat ke lokasi dimana terjadi kerusakan listrik tersebut, peralatan yang saya siapkan itu adalah peralatan dasar kelistrikan, seperti obeng testpen, tang lancip, tang potong, tang regular, meteran, gergaji besi kecil, ohm meter, palu, isolasi, dan lain sebagainya.

2. Sesampainya di lokasi kerusakan listrik.
Hal pertama yang saya lakukan adalah, menanyakan kepada pemilik rumah, listrik bagian mana yang dia keluhkan.

Ketika saya mendapatkan persoalan atau keluhan utamanya, maka saya akan lakukan pemeriksaan, dari pemeriksaan ini nantinya saya bisa mengetahui tindakan apa yang sebaiknya dilakukan.

Langkah awal melakukan perbaikan listrik
(Ilustrasi)

Setelah mengetahui tindakan yang akan saya lakukan, kemudian saya akan konsultasi kembali bersama pemilik rumah, dan menerangkan bahwa yang rusak itu adalah bagian ini dan itu, dan saya jelaskan langkah perbaikan yang saya lakukan.

Point "konsultasi" dengan pemilik rumah ini penting, mengapa demikian? Pertama agar pemilik rumah tahu apa yang akan kita kerjakan, kedua pemilik rumah tahu berapa biaya perbaikan yang akan dia keluarkan, apalagi jika ada bagian dari instalasi listrik tersebut yang harus diganti.

Ketika semua hal diatas telah dipahami dengan baik, maka saya masuk ke tahap berikutnya yaitu tahap pengerjaan.

3. Kegiatan perbaikan kerusakan instalasi listrik.

4. Tahap pengujian.
Ini adalah tahapan yang paling penting setelah perbaikan selesai dilakukan, biasanya pada tahap ini saya akan minta kepada pemilik rumah untuk menyaksikan hasil kegiatan perbaikan yang saya lakukan.

Manakala pemilik rumah menyatakan puas dan mengerti, bahwa instalasi listrik dirumahnya sudah pulih sebagaimana sediakala, masuk kepada tahap berikutnya.

5. Pembayaran.
Inilah tahapan yang paling memuaskan dari kegiatan kelistrikan, tentang berapa besar biaya perbaikan listrik yang harus ditetapkan, itu semua harus berdasarkan perhitungan yang matang, yang penting jangan sampai anda tekor.

Soal menetapkan biaya perbaikan listrik ini, menurut saya sebaiknya kita bahas dalam artikel terpisah, pasalnya agak rumit juga menentukan biaya perbaikan yang adil dan sesuai dengan kantong pemilik rumah.

Nah, bagaimana pemirsa cukup mudah bukan memulai pengerjaan awal perbaikan instalasi listrik ini, sekian dulu tips ringan dari saya, semoga artikel ini membantu anda dalam memulai pekerjaan, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tuliskan pada kolom komentar, sampai jumpa diartikel berikutnya, salam.

Bagaimana Cara Memulai Perbaikan Listrik Bagi Pemula ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.