Wednesday, 11 March 2020

Kerusakan listrik bangunan rumah yang sebaiknya diselesaikan oleh petugas resmi PLN

Kerusakan listrik bangunan rumah yang sebaiknya diselesaikan oleh petugas resmi PLN

Hallo pembaca setia blog panduan listrik, kita jumpa lagi dalam artikel ringan yang membahas tentang kerusakan listrik pada instalasi listrik bangunan rumah, mengapa saya membuat spesialisasi pembahasan "instalasi listrik bangunan rumah?", Karena jenis instalasi listrik itu sendiri berbeda beda, khusus untuk rumah disebut juga dengan instalasi listrik sederhana, lain lagi halnya dengan instalasi listrik bangunan gedung, misalkan bangunan toko minimarket, perkantoran, restoran, dan lain sebagainya, biasanya untuk instalasi listriknya lebih rumit lagi.

Kasus jenis kerusakan yang kita bahas kali ini, hal ini berdasarkan pengalaman saya beberapa waktu lalu di rumah tetangga.

Hari itu sekitar pukul lima sore, tetangga saya datang kerumah, dia mengeluhkan MCB KWH listrik dirumahnya trip atau off tidak menyala alias mati total, ketika beberapa lampu dinyalakan, jika saklar lampu dimatikan kemudian MCB dihidupkan kembali, KWH meternya normal kembali, sementara itu listrik dirumah tetangga yang lain tetap menyala sebagaimana biasa, tetangga saya jadi bingung, kok bisa begitu?

Melihat kepanikan tetangga tersebut saya langsung bergegas mengambil peralatan dasar listrik, obeng tespen, tang buaya, tang potong dan palu, kemudian menuju rumahnya.

Setibanya dirumah tetangga yang sedang mengalami kasus KWH meter listrik tersebut, saya perhatikan dia memakai KWH listrik digital (pasca bayar), kemudian saya langsung melakukan pemeriksaan, menggunakan obeng tespen, posisi MCB KWH meter kembali saya hidupkan, saya periksa setiap lobang stop kontak listrik disetiap ruangan rumah, hasilnya bagus semua stop kontak terdapat arus listrik.

Kemudian saya coba nyalakan beberapa saklar lampu, hasilnya MCB KWH meter kembali trip atau off, lalu KWH saya on kan lagi, berikutnya saya chek pengabelan saklar dengan asusmsi adanya korsleting kabel dalam tombol saklar, hasilnya semuanya bagus, bahkan dengan bohlam lampunya juga masih bagus semua, saya mulai bingung, dimana masalahnya ya?

Pada akhirnya saya berinisiatif memeriksa MCB yang terdapat pada KWH meter, satu persatu saya perhatikan pengabelannya, ketika saya perhatikan kabel fase dari MCB menuju instalasi didalam rumah, disana saya temukan kabel tersebut dalam keadaan hangus, wah ternyata itulah sumber masalahnya, yakni terjadinya kerusakan atau korsleting pengabelan dari MCB KWH meter, menuju instalasi listrik didalam rumah.

Persoalan berikutnya adalah, MCB yang terdapat dalam KWH meter tersebut dilindungi oleh kotak box PLN yang ada segelnya, seperti yang terdapat dalam gambar dibawah ini.

Kerusakan listrik bangunan rumah yang sebaiknya diselesaikan oleh petugas resmi PLN
(Ilustrasi : KWH meter pasca bayar)
Akhirnya saya buat kesimpulan bahwasanya, untuk mengganti MCB yang terdapat dalam KWH meter tersebut harus melalui petugas resmi PLN.

Mengapa demikian ? Karena kita selaku pelanggan listrik dibatasi haknya untuk membukan box KWH meter tersebut, pada akhirnya saya minta kepada tetangga saya tersebut untuk segera ke kantor pelayanan PLN.

Ternyata benar, tidak berapa lama kemudian petugas resmi PLN datang dan melakukan penggantian MCB dan kabel yang hangus tersebut, dan listrik tetangga saya menyala lagi.

Jadi pemirsa perlu kita perhatikan disini, tidak semua kerusakan listrik rumah itu yang bisa kita tangani sendiri, jika anda sedang mengalami kasus seperti tetangga saya diatas, sebaiknya segera hubungi petugas resmi PLN untuk melakukan perbaikan.

Sekian dulu pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel berikutnya, salam.
Kerusakan listrik bangunan rumah yang sebaiknya diselesaikan oleh petugas resmi PLN
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.