Wednesday, 25 March 2020

Mengapa Ketika Kabel Phasa Bersentuhan Dengan Kabel Netral Tidak Terjadi Korsleting Listrik ?

Mengapa Ketika Kabel Phasa Bersentuhan Dengan Kabel Netral Tidak Terjadi Korsleting Listrik ?

Hallo sahabat pembaca, jumpa lagi dengan kita kali ini dalam pembahasan seputar dunia kelistrikan, kali ini kita mengangkat judul berdasarkan pertanyaan seseorang dari grup dunia listrik, yakni tentang arus dan pengabelan.

Sebagaimana kita ketahui, Phasa atau fase atau kabel negatif pada instalasi kelistrikan, merupakan tempat mengalirnya arus listrik, maka dari itu kabel Phasa ini ketika listrik dalam keadaan menyala tidak ada yang berani menyentuhnya, karena memiliki arus listrik dan bila tersentuh kita akan merasakan setruman yang membuat badan kita menggigil.

Kabel Phasa inilah yang menghantarkan arus listrik, kepada bohlam atau alat elektronik yang kita gunakan.

Didalam instalasi listrik kabel Phasa selalu berduaan dengan kabel netral, terkadang bertigaan dengan kabel Arde, dan dalam instalasi listrik yang benar, kabel Phasa ini tidak boleh bersentuhan dengan kabel netral atau Arde, dan jika bersentuhan maka akan terjadi yang namanya korsleting listrik.

Ketika terjadi kasus yang mirip dengan judul artikel ini, dimana kabel Phasa bersentuhan dengan kabel netral, hukum yang sama juga seharusnya berlaku, yakni akan terjadi korsleting listrik, namun jika tidak terjadi korsleting listrik berarti ada sesuatu yang salah dalam pengabelannya.

Apa-apa saja bentuk kesalahannya, sehingga ketika bersentuhan kabel Phasa dan netral tidak terjadi korsleting listrik, berikut kita uraikan satu persatu.

1. Kesalahan penyambungan kabel netral di KWH meter.

Untuk lebih mudahnya silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar ilustrasi kesalahan pengabelan yang menyebabkan kabel netral tidak korsleting dengan kabel phasa
(Gambar ilustrasi kesalahan pengabelan yang menyebabkan kabel netral tidak korsleting dengan kabel phasa)
Kesalahan penyambungan kabel seperti gambar diatas biasanya terjadi di dalam T-dos (terminal tempat terjadinya penyambungan kabel), pada saat pembagian instalasi kabel setelah KWH meter.

Jadi kabel netral salah sambung, seharusnya disambung ke kabel netral juga, tapi yang terjadi kabel netral malah tersambung ke kabel phasa. Jika demikian yang terjadi maka bagaimanapun keadaannya kabel Phasa tidak akan korsleting dengan kabel netral, karena sebenarnya kedua kabel tetsebut sama-sama Phasa.

Bentuk kesalahan yang pertama ini, akan menyebabkan kejadian yang sama di titik manapun kabel netral dan Phasa saling bersentuhan, sepanjang instalasi yang ada didalam rumah atau bangunan tersebut.

2. Kabel netral terputus pada pengabelan stop kontak.

Silahkan simak gambar dibawah ini

Gambar ilustrasi kerusakan kabel netral dalam pengabelan stop kontak
(Gambar ilustrasi kerusakan kabel netral dalam pengabelan stop kontak)
Pada gambar diatas bisa kita lihat, terjadinya kabel netral yang putus pada posisi sebelum terminal stop kontak.

Jika kasus ini yang terjadi, maka kabel Phasa yang terdapat dalam terminal stop kontak akan sama sama bersifat Phasa, ketika stop kontak dicolok oleh perangkat elektronik, jadi jika bersentuhan sekalipun dia tidak akan korsleting, karena kabel Phasa telah mengantarkan arus yang sama kepada kabel netral melalui perangkat elektronik tersebut.

Kesalahan pada kasus nomor dua ini sangat mudah dideteksi, cukup dengan memasukkan obeng testpen kedalam kedua lobang stop kontak, salah satu lobang akan terdapat arus, sedangkan lobang yang satunya tidak terdapat arus. 

Dapat kita simpulkan ketika kabel netral dan Phasa itu bersentuhan namun tidak terjadi korsleting, itu berarti sesungguhnya kabel netral tersebut telah menjadi Phasa, karena terjadi kesalahan penyambungan atau kabel netral tersebut ada yang putus.

Demikian sahabat pembaca pembahasan kita kali ini, semoga artikel ringan ini bermanfaat, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya, salam.
Mengapa Ketika Kabel Phasa Bersentuhan Dengan Kabel Netral Tidak Terjadi Korsleting Listrik ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.