Wednesday, 1 April 2020

Dimana Titik Temu Kabel Ground Yang Berasal Dari Pentanahan Dengan Kabel Ground Yang Berasal Dari Instalasi Rumah

Dimana Titik Temu Kabel Ground Yang Berasal Dari Pentanahan Dengan Kabel Ground Yang Berasal Dari Instalasi Rumah

Hallo sahabat pembaca, bagaimana kabar anda hari ini, semoga sukses selalu dan lancar segala urusan, kali ini kita jumpa lagi dalam pembahasan sekitar instalasi listrik, adapun topik penulisan kita kali ini berasal dari pertanyaan seorang pembaca setia blog listrik ini.

Pertanyaan tersebut seperti ini, dimanakah titik temu antara kabel ground yang berasal dari pentanahan dengan kabel ground yang berasal dari instalasi listrik ? Jadi meski sederhana ternyata persoalan grounding listrik ini ternyata cukup banyak juga, dan sebenarnya tidak terlalu rumit jika kita melakukannya dengan praktek langsung.

Kaidah instalasi listrik yang baik itu terdiri dari 3 bahagian utama, yaitu kabel Phasa kabel netral dan kabel arde atau ground, dari pengamatan saya dilapangan penggunaan kabel arde ini lebih sering diabaikan, sehingga tanpa sadar sesungguhnya mereka berada dalam keadaan membahayakan peralatan listrik dan instalasi listrik itu sendiri.

Grounding atau pentanahan memiliki peran penting dalam pengamanan listrik, dan peranan ground ini menunjang fungsi kabel netral yang juga sekaligus sebagai pengaman listrik, tidak saja mengamankan dari kebocoran arus, grounding juga sangat berperan ketika terjadi cuaca buruk, seperti petir dan halilintar.

Pada instalasi listrik bangunan rumah, ground atau arde ini harus terpasang di dalam setiap stop kontak, keberadaan kabel arde dalam stop kontak itu merupakan bagian dari fungsinya sebagai pengaman alat elektronik manakala terjadi cuaca buruk dan juga pengaman dari arus yang tidak stabil.

Tidak saja pada bagian instalasi, KWH meter juga merupakan perangkat yang harus kita lindungi dengan ground/pentanahan ini, namun pada kebanyakan yang saya temui di perkampungan jarang KWH meter ini disambungkan dengan pengaman ground, makanya terkadang orang kampung merasa aneh ketika melihat KWH meter juga terpasang kabel arde/ground.

Gambar ilustrasi dibawah ini sengaja kami tampilkan untuk memudahkan anda memahami, bagaimana ilustrasi pemasangan kabel pentanahan yang baik.

Dimana Titik Temu Kabel Ground Yang Berasal Dari Pentanahan Dengan Kabel Ground Yang Berasal Dari Instalasi Rumah

Berdasarkan gambar diatas ketika seluruh bagian instalasi listrik sudah terpasang dengan benar termasuk kabel ground ini, sebenarnya tidak menjadi masalah dimanapun titik temu yang akan dibuat antara kabel ground yang berasal dari kawat pentanahan dengan kabel ground yang berasal dari instalasi listrik.

Entah itu dipertemukan di dalam box MCB atau disambungkan didalam kedudukan arde pada KWH meter, dengan demikian usaha kita bisa maksimal dalam membuat instalasi pengamanan listrik dirumah kita sendiri.

Nah bagaimana pemirsa, sekarang kita bisa pahami arti penting pemasangan arde atau pembumian atau ground, dan titik temu pemasangan antara kabel arde yang berasal dari pentanahan, dengan kabel arde yang berasal dari instalasi listrik rumah.

Demikian dulu pembahasan kita kali ini, semoga artikel ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar, sampai jumpa di artikel berikutnya, salam.
Dimana Titik Temu Kabel Ground Yang Berasal Dari Pentanahan Dengan Kabel Ground Yang Berasal Dari Instalasi Rumah
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.